Pemerintah Dukung UMKM Pangan Berbasis Digital

Kamis, 03 Desember 2020 - 18:18 WIB
loading...
Pemerintah Dukung UMKM Pangan Berbasis Digital
Petugas menunjukkan aplikasi Mitra Warung Pangan. Foto/Dok SINDOphoto/Arie Yudhistira
A A A
JAKARTA - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics berkomitmen membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bangkit dari pandemi Covid-19.

Menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk , BGR Logistic menghadirkan fitur baru "WP Fund" pada aplikasi Warung Pangan.

Fitur “WP Fund” dapat digunakan oleh mitra Warung Pangan untuk mendapatkan pinjaman atau pembiayaan modal kerja yang dapat dipergunakan untuk menjalankan usaha warungnya.

Direktur Keuangan dan SDM BGR Logistics Irma Setyowati mengatakan, fitur terbaru ini memiliki visi memajukan bisnis mitra Warung Pangan bekerja sama dengan BRI dan Mandiri dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai sumber pembiayaan yang terjamin aman dan efektif untuk mengembangkan usaha mitra Warung Pangan.

Dengan demikian, Mitra Warung Pangan dimudahkan untuk mendapatkan KUR Bank Mandiri dan Bank BRI sehingga usaha warungnya dapat dioptimalkan lagi.

"Dengan KUR ini, selain dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya, maka para mitra juga dapat menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan pangan di aplikasi Warung Pangan yang kemudian akan mereka jual kepada masyarakat," kata Irma di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

( )

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN Loto Srianita Ginting menyampaikan menyampaikan bahwa fitur WP Fund ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan BUMN terhadap pengembangan UMKM.

"Sehubungan dengan besarnya dampak Covid-19 pada UMKM dan memperhatikan peranan UMKM yang strategis dalam perekonomian Indonesia, nampaknya diperlukan kolaborasi dalam upaya mendukung bangkitnya UMKM, tidak hanya antar BUMN tetapi juga meliputi Kementerian, Lembaga, otoritas, akademisi, dan stakeholders lainnya," kata Loto.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit menjelaskan, pandemi Covid-19 bagi UMKM berdampak pada penurunan permintaan, kendala dalam pemasaran dan kesulitan bahan baku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)