Bio Farma Ajak Bill Gates Kembangkan Vaksin Corona

Kamis, 16 April 2020 - 16:35 WIB
loading...
Bio Farma Ajak Bill Gates Kembangkan Vaksin Corona
PT Bio Farma (Persero) mengajak lembaga kesehatan besutan Bill Gates bekerja sama memproduksi vaksin corona. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi obat ataupun vaksin virus corona (Covid-19). Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan telah melakukan pengajuan untuk melanjutkan riset dan pengembangan (research and development/R&D).

Perseroan tengah berupaya bekerja sama dengan koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations/CEPI). Sebagai informasi, koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations/CEPI) merupakan lembaga kesehatan yang didirikan oleh salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates.

"Bio Farma berkomunikasi dengan CEPI untuk bisa kerja sama scalling up vaksin Covid-19 yang sekarang ini lagi dilakukan proses laboratorium scale-nya oleh CEPI dan beberapa lembaga riset lainnya," ujar Honesti saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Dia menambahkan, saat ini perseroan juga tengah memproduksi obat-obatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien Covid-19. Bio Farma bekerja sama dengan holding BUMN Farmasi lainnya. "Kita sudah produksi obat seperti di Kimia Farma produksi hydroxychloroquine, chloroquine, azithromycin, multivitamin, serta pengadaan avigan, lalu Indofarma memproduksi oseltamivir," jelasnya

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahan baku obat sudah didatangkan dari Hyderabad, India, sejak pekan lalu. Nantinya, seusai diproduksi Bio Farma, obat akan didistribusikan ke pasien. Bio Farma akan memproduksi obat jenis oseltamivir sebanyak 500.000 tablet. Obat ini dipercaya bisa digunakan untuk pasien yang terjangkit virus corona.

"Obat ini untuk corona juga seperti chloroquine. Tanggal 9 April kemarin kami ambil, ini memang diam-diam agar tidak bocor dan bisa proses cepat," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)