MedcoEnergi Pertahankan Kinerja di Tengah Gempuran Pandemi

Selasa, 08 Desember 2020 - 11:35 WIB
loading...
MedcoEnergi Pertahankan Kinerja di Tengah Gempuran Pandemi
Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro dalam acara Medco Virtual Media Gathering di Jakarta, Selasa (8/12/2020). Foto/Michelle Natalia
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membawa tantangan nyata bukan hanya di sisi nasional, tapi juga secara secara global. Tantangan ini juga dirasakan oleh PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) .

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyebutkan bahwa selama 9 bulan di tahun 2020, EBITDA perseroan pun turun 5% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi sebesar USD422 juta.

(Baca Juga: Bos Medco Sebut Indonesia Termasuk Negara yang Unik)

"Harga minyak dan gas turun masing-masing 37% dan 25% yoy. Produksi migas juga flat yoy sebesar 100 Million Barrel Oil of Equivalent Per Day (MBOEPD)," ungkap Hilmi dalam Medco Virtual Media Gathering di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Meski demikian, kata Hilmi, likuiditas perseroan tetap terjaga kuat dengan kas setara USD618 juta. Penyelesaian rights issues juga menghasilkan dana sebesar Rp1,8 miliar. Perseroan juga memiliki anggaran belanja modal sebesar USD194 juta, terbagi untuk migas sebesar USD147 juta dan kelistrikan sebesar USD47 juta.

Hilmi menambahkan, di masa sulit ini Medco juga berhasil melakukan pengeboran eksplorasi di Natuna Block B dan Ijen Geothermal. Medco pun sudah menetapkan ekspektasinya untuk tahun 2020-2021. Fokusnya di masa pandemi Covid-19 adalah memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pekerja, juga meminimalisir gangguan bisnis.

"Kami akan melakukan pengelolaan likuiditas dan perencanaan yang prudent, serta investasi modal yang disiplin serta manajemen portofolio yang aktif," jelas Hilmi.

(Baca Juga: Medco Sukses Ngebor di Natuna, Kepala SKK Migas: Genjot Terus!) Selain itu, Medco juga akan berfokus pada sinergi operasi dan pengadaan, juga penyelesaian LPP Riau, PV Bali dan Sumbawa pengembangan Fase 7. Ditambah dengan penilaian dan percepatan pengembangan penemuan di Block B.

"Kami juga akan melanjutkan aliansi strategis Medco Power dengan Kansai Electric, dan berkomitmen secara konsisten mengurangi utang," pungkas Hilmi.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)