Menhub Bangun Fasilitas Uji Kelayakan Kendaraan Tercanggih di ASEAN

Kamis, 10 Desember 2020 - 15:55 WIB
loading...
Menhub Bangun Fasilitas Uji Kelayakan Kendaraan Tercanggih di ASEAN
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menargetkan akan membangun 19 lokasi pengujian kelayakan kendaraan di Indonesia. Salah satunya adalah proving ground atau pengujian kelaikan kendaraan layak jalan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi.

"Kita akan bangun 19 lokasi pengujian kendaraan dengan skema KPBU atau menggandeng swasta dan nanti pemerintah akan mencicilnya. Standarnya menggunakan ASEAN MRA dan ini masih jarang di negara kawasan ASEAN lain," ujar Budi dalam webinar keselamatan transportasi yang digelar Jakarta Post hari ini (10/12/2020). ( Baca juga:Pakar UE-ASEAN Gelar Dialog Pertama Tentang Vaksin Covid-19 )

Dia mengatakan nantinya balai pengujian laik jalan tersebut akan memiliki fasilitas lebih baik dan mumpuni. Jadi, diharapkan tes produk yang dapat dilakukan sama canggihnya dengan negara maju.

Makanya, proving ground tersebut harus memenuhi standar internasional agar meyakinkan. Dengan begitu layanan transportasi di Indonesia semakin mumpuni di mata dunia.

"Jadi pengujian tidak perlu lagi dilakukan di luar negeri," tambahnya. ( Baca juga:Habib Rizieq Tersangka, MUI Minta Polisi Tak Tebang Pilih )

Lebih lanjut dia menjelaskan fasilitas pengujian yang akan dibangun harus dinamis. Nantinya akan ada simulasi jalanan yang sebenarnya. Ada karakter jalan berlubang atau pun yang menanjak, sehingga hasil sertifikasi mobil yang diberikan bisa terpercaya.

"Pengujiannya harus bisa akurat dan teliti demi memberi kepastian dan keselamatan. Ini akan meminimalisasi angka kecelakaan kendaraan," terangnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)