Mumpung Masih Sepi, Labuan Bajo Terus Dipermak

Jum'at, 11 Desember 2020 - 18:21 WIB
loading...
Mumpung Masih Sepi, Labuan Bajo Terus Dipermak
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sepinya jumlah kunjungan wisatawan dimanfaatkan oleh Labuan Bajo untuk berbenah infrastruktur. Pintu gerbang Pulau Komodo tersebut selama ini sangat mengandalkan wisatawan mancanegara. Namun kini kunjungan wisatawan Nusantara mendominasi walaupun jumlahnya masih sedikit.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores mulai memperbaiki serta menambah berbagai fasilitas umum demi menarik wisatawan lagi ketika industri pariwisata mulai normal serta turis luar mulai berdatangan. ( Baca juga:Pulau Komodo Akan Jadi Kelas Premium, Luhut: Mau ke Sana Harus Bayar Mahal )

"Kami bangun trotoar yang ukurannya jauh lebih besar dari jalan raya. Pelabuhan peti kemas juga sudah dipindahkan, tidak satu lagi dengan pelabuhan khusus wisatawan. Lalu kami juga sedang membangun waterfront terbesar se-Asia Tenggara. Jadi ketika wisatawan kembali lagi, maka Labuan Bajo jauh lebih siap dan tertata," jelas Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatinaa di Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Walau begitu, Shana tetap realistis melihat pandemi, karena dirinya memprediksi kunjungan normal akan mulai kembali setidaknya pada 2022, terutama untuk wisatawan mancanegara. Menurut Kemenparekraf, jumlah wisatawan asing ke Indonesia akan mulai bertahap normal baru pada 2024. ( Baca juga:Alhamdulillah, Wagub DKI Riza Patria Sembuh dari Covid-19 )

Tahun ini sebelum pandemi Kemenparekraf menargetkan 18 juta wisatawan mancanegara berkunjung di Indonesia. Namun jumlah itu terkoreksi menjadi hanya sekitar 2,8 juta sampai 4 juta saja. Itu pun dengan catatan, 2,8 juta sudah masuk Indonesia dari Januari sampai Maret 2020 atau sebelum pandemi.

Tahun lalu tercatat kunjungan bisa mencapai 16 juta wisatawan mancanegara dan diprediksi jumlah itu baru akan tercapai lagi pada 2024.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)