Poles Potensi Generasi Muda Kreatif di Luar Kota Utama RI

Senin, 14 Desember 2020 - 07:18 WIB
loading...
Poles Potensi Generasi Muda Kreatif di Luar Kota Utama RI
Kemnaker meluncurkan program Simpul Talenta – Talent Hub sebagai bagian dari upaya mengembangkan potensi talenta-talenta generasi muda yang bergerak di bidang kreatif dan digital di empat kota di luar kota utama. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan program Simpul Talenta – Talent Hub sebagai bagian dari upaya mengembangkan potensi talenta-talenta generasi muda yang bergerak di bidang kreatif dan digital. Program Simpul Talenta – Talent Hub ini diarahkan untuk membentuk ekosistem yang mendukung peningkatan produktivitas talenta-talenta muda yang berada di 4 kota Indonesia: Padang, Solo, Banyuwangi, dan Kendari.

"Simpul talenta merupakan program pengembangan talenta muda dengan menggunakan pendekatan lokalitas, baik secara potensi bidang yang diangkat ataupun ragam kolaborator yang dilibatkan dalam 2 program utamanya, yakni UpSchool dan ConneX," kata Sesditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Surya Lukita Warman dalam keterangannya di Jakarta.

(Baca Juga: Pengembangan Pariwisata Harus Sepaket dengan Pemberdayaan UMKM Kreatif )

Surya menjelaskan, program UpSchool berfokus pada pelatihan peningkatan skill tematik dengan membidik peserta dari lulusan baru, UMKM atau startup, dan praktisi profesional. Sementara program ConneX berfungsi menjadi kanal informasi tren ketenagakerjaan baru, penjaruman, dan penyaluran dari peserta pelatihan ataupun pencari kerja secara umum dalam mencari kesempatan kerja yang lebih luas dan dinamis.

Lebih lanjut Ia mengatakan, meski baru dijalankan pada Agustus 2020 lalu, program ini telah membuktikan bahwa talenta-talenta di luar kota-kota utama Indonesia tidak kalah berpotensinya. Keterbatasan kesempatan dan fasilitas yang ada, baik sebagai pelaksana maupun sebagai peserta program bukan menjadi hambatan bagi para talenta.

Menurutnya, capaian program ini dapat dilihat dari data keberhasilan pelibatan yang dikumpulkan selama program berlangsung empat bulan: UpSchool (51 mentor lokal dan nasional, 63 materi pelatihan berbasis kreatif dan digital, 265 peserta dari lulusan baru, UMKM, dan praktisi) dan ConneX (15 pembicara lokal dan nasional, 513 pencari kerja, 31 perusahaan penyedia kesempatan kerja, dan 38 kolaborator lembaga pendanaan).

"Capaian program ini menjadi harapan baru bagi melesatnya talenta anak-anak bangsa Indonesia menuju tahapan yang belum pernah terbayangkan sebelumnya," ucapnya.

(Baca Juga: Pameran Creative Culture Home Jadi Ajak Unjuk Gigi 4 Subsektor Ekonomi Kreatif )

Sebagai informasi, program simpul talenta-talent hub merupakan bagian dari program Innovation Room-Talent Hub. Program Innovation Room-Talent Hub digagas Kemnaker pada 2018 untuk mewadahi talenta-talenta yang bergerak di sisi baru ketenagakerjaan, sebagai landasan dari terbentuknya manajemen talenta Indonesia.

"Program ini disambut baik, terlihat dari respons para pemangku kebijakan, terutama para pekerja atau talenta yang tidak lagi bergantung kepada serapan industri atau kerja-kerja konvensional lainnya," kata Surya.

Apalagi masa pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup keseharian, yakni sebuah perubahan yang dikenal dengan masa Normal Baru, yang salah satunya adalah menjadikan moda daring (online) sebagai bagian dari aktivitas internal, termasuk kegiatan-kegiatan ketenagakerjaan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)