Banyak Dana Koorporasi Berpindah ke Bank Kecil, Pertanda Apa?

Senin, 14 Desember 2020 - 14:23 WIB
loading...
Banyak Dana Koorporasi Berpindah ke Bank Kecil, Pertanda Apa?
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengatakan, banyak dana koorporasi berpindah ke bank-bank yang lebih kecil. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengatakan, pihaknya melihat kemajuan pada sistem perbankan di Indonesia . Hal ini ditandai dengan banyaknya dana koorporasi berpindah ke bank-bank yang lebih kecil. Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, Dana Pihak Ketiga (DPK) atau simpanan di atas Rp5 miliar terlihat mulai berpindah dari bank BUKU IV ke bank-bank BUKU I, BUKU II, dan BUKU III.

"Dengan banyaknya badan usaha yang memindahkan dananya ke bank-bank yang lebih kecil, menunjukkan peningkatan kepercayaan kepada bank-bank," ujar Purbaya di Jakarta, Senin (12/12/2020).

(Baca Juga: Pemilik Tabungan di Atas Rp5 Miliar Berlipat Ganda, Saatnya Edukasi Main Saham )

Dia menuturkan sejak bulan Agustus, September, hingga Desember, DPK semua BUKU menunjukkan perbaikan yang signifikan bahkan bank BUKU I sudah di atas level di bulan Desember 2019. Sedangkan dari segi likuiditas kondisi perbankan Indonesia sudah berada lebih baik dari pada masa sebelum wabah COVID-19 menyerang.

"Ini merupakan kemajuan yang signifikan, menunjukkan masyarakat semakin percaya pada sistem perbankan kita. Hal ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Masyarakat yang tadinya hanya mau menyimpan dananya di bank-bank besar kini mulai berani menyimpan di bank-bank yang lebih kecil. Ini menunjukkan kepercayaan kepada sistem perbankan sudah lebih merata," beber Purbaya.

(Baca Juga: Jumlah Rekening Bank Kembung tapi Jumlah Simpanan Menciut )

Hal ini membuktikan bahwa langkah-langkah yang diambil pemerintah, KSSK, Bank Sentral untuk mengembalikan kepercayaan kepada sistem perbankan sudah memberikan hasil yang cukup baik. "Saya melihat tidak akan ada gangguan yang signifikan pada sistem perbankan di bulan mendatang," ujarnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4209 seconds (0.1#10.140)