Neraca Dagang Untung Bisa Bikin Aliran Modal Asing Menggelembung

Selasa, 15 Desember 2020 - 12:15 WIB
loading...
Neraca Dagang Untung Bisa Bikin Aliran Modal Asing Menggelembung
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Core Piter Abdullah menilai neraca dagang yang surplus sebesar USD2,62 miliar bisa membuat aliran modal asing yang masuk bakal deras. Pasalnya, surplus itu menjadi sentimen positif buat para investor. ( Baca juga:Neraca Dagang RI November 2020 Perpanjang Rentetan Surplus Tahun Ini )

"Kondisi itu lebih lanjut akan mengurangi risiko investasi di indonesia. Aliran modal ke Indonesia bisa diharapkan lebih besar masuk," kata Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Piter menambahkan, surplus neraca perdagangan disebabkan oleh tumbuhnya ekspor sementara impor masih tertahan oleh pandemi. Ekspor bisa lebih awal bangkit karena beberapa negara tujuan ekspor sudah mulai pulih perekonomiannya, seperti China.

"Di sisi lain juga terjadi kenaikan harga komoditas ekspor Indonesia, khususnya batu bara, nikel, dan CPO," katanya.

Dia menambahkan dampak positif tersebut di atas baru bisa terwujud apabila tren surplus neraca perdagangan bisa dijaga. "Juga surplus current account bisa dipertahankan dalam jangka panjang," tandasnya.( Baca juga:Garang di Usia 42, Pacquiao: Aku Kuat Tarung 2 Kali Tahun Depan! )

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia pada November 2020 surplus USD2,62 miliar. Angka itu berasal dari selisih nilai ekspor Indonesia USD15,28 miliar dan impor USD12,66 miliar.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)