Akhir 2020 Tinggal Menghitung Hari, BTN Tetap Tancap Gas Tatap 2021

Selasa, 15 Desember 2020 - 23:57 WIB
loading...
Akhir 2020 Tinggal Menghitung Hari, BTN Tetap Tancap Gas Tatap 2021
Meski tahun 2020 tinggal menyisakan beberapa pekan lagi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN tetap tancap gas untuk memastikan target-target terpenuhi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Meski tahun 2020 tinggal menyisakan beberapa pekan lagi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN tetap tancap gas untuk memastikan target-target terpenuhi. Khususnya target kredit tersalur agar bermanfaat untuk rakyat banyak sekaligus mendukung program perumahan nasional yang ditetapkan pemerintah.

(Baca Juga: BTN Virtual Property Expo Menjawab Kebutuhan Rumah di Masa Pandemi )

Termasuk dalam hal ini tentu saja target laba bersih perseroan. Bank dengan kode saham BBTN ini menargetkan, bisa membukukan laba bersih tahun 2020 pada kisaran Rp1,1 triliun hingga Rp1,2 triliun. Namun pada Oktober 2020, laba Bank BTN sudah menembus angka Rp1,29 triliun atau sudah di atas target yang ditetapkan.

“Tahun 2020 ini, kami optimistis bisa menembus laba pada kisaran Rp1,4 triliun hingga Rp1,5 triliun didorong pertumbungan pendapatan bunga bersih dan fee based income,” kata Direktur Finance, Strategy and Treasury, Nixon LP Napitupulu dalam keterangan resminya kepada media saat acara luncheon meeting di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Optimisme Nixon cukup beralasan karena melihat capaian kredit tersalur pada April berada pada kisaran Rp700 Miliar. Pada November kemarin menurut Nixon capaian kredit tersalur merupakan angka tertinggi secara bulanan pada tahun 2020 yang mencapai kisaran Rp2,5 Triliun.

Hal itu terang dia menjadi optimisme selama akhir tahun 2020 nanti bisa saja melampaui target. "Tapi tunggu angka pastinya nanti pada saat publikasi Desember 2020," tegas Nixon meyakinkan.

Akhir tahun 2020, lanjut Nixon, sejumlah target lainnya seperti pencapaian Dana Pihak Ketiga atau DPK juga diproyeksikan akan senada dengan capaian laba perseroan. “Yang pasti, rasio dana murah atau CASA ( current account and saving account) semakin membaik atau mencapai kurang lebih 40 persen pada bulan November, lebih baik dari Oktober yang ada di kisaran 37 persen,” kata Nixon.

Keberhasilan Bank BTN mencapai target-targetnya ditempuh dengan strategi yang terukur dan sektor perumahan yang menjadi fokus bisnis perseroan tidak terlalu terdampak pandemic covid-19. Seperti yang telah disampaikan, Bank yang menguasai pangsa pasar KPR sebesar 40% ini melakukan pembenahan business process, memperbaiki sejumlah kebijakan, termasuk policy risk, meningkatkan kepuasan nasabah serta melakukan upgrading infrastructure digitalisasi untuk produk DPK tapi juga KPR.

(Baca Juga: Cuan 2021, Nantikan Tambahan Stimulus Sektor Perumahan dari Pemerintah )

Di tengah pandemi, menurut Nixon dukungan pemerintah dioptimalkan dengan baik oleh Bank BTN, misalnya penyaluran Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan dana subsidi perumahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)