Erick Thohir Ingatkan Teknologi dan Inovasi Kunci Daya Saing BUMN

Rabu, 16 Desember 2020 - 14:06 WIB
loading...
Erick Thohir Ingatkan Teknologi dan Inovasi Kunci Daya Saing BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan bahwa kepemimpinan teknologi dan inovasi merupakan kunci ke depan bagi BUMN.

"Saya menekankan sejak awal sebelum pandemi Covid-19 terjadi, kita sudah sosialisasikan kepada seluruh direksi terkait lima pilar BUMN. Salah satu yang kita tekankan bagaimana kepemimpinan teknologi dan inovasi merupakan kunci ke depan," ujarnya dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2020 secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Dia meyakini inovasi dan digitalisasi tidak hanya meningkatkan daya saing dari BUMN sendiri tetapi juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memastikan keberpihakan pada yang kecil.

( )

"Karena selain BUMN diharuskan berbisnis, memberikan dividen yang besar kepada pemerintah, tetapi tidak lupa meningkatkan pelayanan publik karena kita merupakan lokomotif pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia," jelasnya.

Erick menuturkan, saat ini BUMN sangat agresif melakukan kerja sama dan membangun infrastruktur yang bisa ke arah digital. Hal ini diharapkan bisa mengangkat secara keseluruhan daya saing BUMN di bidang teknologi.

"Apakah big data, artificial intelligence (AI), dan termasuk yang ingin kita benahi bahwa BUMN harus masuk bekerja sama R&D dengan universitas-universitas," ungkapnya.

Menurut dia, hasilnya pun sudah terlihat beberapa BUMN yang melakukan inovasi dan kepemimpinan teknologi. Dia menyontohkan PLN yang sudah mereformasi sistem pelayanan, transformasi bisnis, membangun smart grid.

( )

Kemudian Telkom Indonesia yang sudah mempunyai data center dan program satu data pemerintah yang bisa mendukung transparansi dari program-program pemerintah.

"Pembiayaan ultra mikro yang menggabungkan satu data usaha ultra mikro dan UMKM melalui PNM, Pegadaian, dan Bank BRI. Ini sebagai upaya agar pengusaha UMKM bisa naik kelas," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)