Bidik Talenta Digital, Pemerintah Berikan Beasiswa Bagi 50.000 Peserta DTS

Kamis, 17 Desember 2020 - 16:21 WIB
loading...
Bidik Talenta Digital, Pemerintah Berikan Beasiswa Bagi 50.000 Peserta DTS
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus melakukan akselerasi terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada 50.000 peserta Program Digital Talent Scholarship (DTS).

Di mana, program beasiswa itu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak bangsa bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional pemerintah.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Haryati mengatakan, langkah pengembangan SDM itu dinilai akan berdampak pada pengurangan jumlah penggangguran dalam negeri dengan meningkatkan kemudahan bagi pencari kerja dan penyedia kerja karena keterampilan yang dimiliki.

“Ditujukan untuk masyarakat umum utamanya para lulusan, angkatan kerja muda hingga aparatur sipil negara di bidang teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0,” ujar Haryati kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

( )

Peningkatan kompetensi talenta digital Indonesia dinilai pemerintah akan semakin menumbuhkan keparcayaan industri di sektor teknologi untuk merekrut tenaga kerja dalam negeri. Bahkan, kemampuan dari para talenta digital juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi (Simonas) dengan penambahan beberapa fitur terbaru. Mulai dari fitur update data pribadi, pencarian pekerjaan berdasarkan gaji, serta kemudahan akses melalui platform android dan IoS.

Haryati menyebut, perbaikan dan penyempurnaan fitur itu akan lebih meningkatkan kemudahan bagi pencari kerja dan penyedia kerja. Di mana, pengkategorian jenis pekerjaan untuk memudahkan pencari pekerja sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Perusahaan dapat mempublish lowongan pekerjaan bersifat project lepas (freelance) di dalam Simonas. Lalu, para peserta dapat melamar dan mengajukan penawaran harga. Perusahaan dapat mencari kandidat yang sesuai berdasarkan portofolio dan penawaran harga yang paling sesuai dari para peserta.

( )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)