Meski Terdampak Pandemi, Tugu Insurance Catat Laba Bersih Rp235 Miliar

Jum'at, 18 Desember 2020 - 18:25 WIB
loading...
Meski Terdampak Pandemi, Tugu Insurance Catat Laba Bersih Rp235 Miliar
Photo kiri-kanan: Adi Zakaria Afiff (Komisaris PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk), Koeshartanto (Preskom), Indra Baruna (Presdir), dan Ery Widiatmoko (Direktur Pemasaran Asuransi Non Migas). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ditengah dampak resesi ekonomi, pelemahan aktivitas bisnis, dan kondisi pasar modal yang tidak kondusif, ditambah lagi adanya penurunan harga minyak yang sangat signfikan disepanjang tahun ini, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) masih mampu mencatatkan Laba Bersih Tahun Berjalan sebesar Rp235,1 miliar hingga akhir September 2020.

Perolehan kinerja positif di tengah krisis global akibat pandemi Covid–19 diantaranya berkat kerja keras Emiten Anak Perusahaan BUMN PT Pertamina (Persero) yang berkode saham TUGU ini dalam mempertahankan renewal bisnis dengan loss rasio yang baik dan melakukan efisiensi beban usaha secara lebih optimal.

Laporan posisi keuangan perusahaan juga masih kuat dengan nilai Aset konsolidasian per September 2020 tercatat Rp20,2 triliun dan ekuitas sebesar Rp8,39 triliun dengan Risk Based Capital (RBC) sebesar 396,8% masih jauh diatas ketentuan minimal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) IKNB yang sebesar 120%.



Hingga periode kuartal III/2020, Tugu Insurance mencatakan pencapaian secara konsolidasian yakni Premi Bruto sebesar Rp 4,57 triliun, Hasil Underwriting sebesar Rp388.41 miliar dan Hasil Investasi sebesar Rp218,5 miliar.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Indra Baruna mengatakan perseroan memang turut mengalami dampak atas krisis global pandemi Covid-19, namun pihaknya sangat bersyukur bahwa kerja kerasnya masih menghasilkan pencatatan laba maupun kinerja yang positif.

“Selain itu kami juga berhasil meningkatkan outlook perseroan menjadi ‘Stable’ disamping mempertahankan selama lima tahun berturut – turut peringkat Rating Internasional ‘A- (Excellent)’ dari A.M. Best, yang merupakan lembaga pemeringkat global di bidang perasuransian,” kata Indra saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dan Public Expose (Pubex) Tugu Insurance 2020 di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Saat ini Tugu Insurance masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat Rating Internasional ‘A- (Excellent)’ dari A.M. Best. Peringkat ini mencerminkan posisi keuangan Tugu Insurance yang sangat kuat, didukung oleh operasional bisnis yang kuat dan manajemen risiko yang memadai.

Fokus strategi Tugu Insurance masih sesuai dengan komitmen saat Initial Public Offering (IPO) pada Mei 2018 lalu yaitu optimalisasi bisnis korporasi dan komersial, pengembangan bisnis retail dan perluasan bisnis asuransi. Kontribusi segmen retail dalam portofolio induk perusahaan telah mencapai porsi sebesar 8,1% di September 2020, dengan total Premi Bruto sebesar Rp214 miliar.

Segmentasi retail berasal dari lini bisnis asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri, kesehatan dan rumah tinggal, dimana kontribusi terbesar masih dari produk asuransi kendaraan bermotor sebesar 67%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)