Pertamina Ambil Bagian Dalam Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang

Minggu, 20 Desember 2020 - 17:47 WIB
loading...
Pertamina Ambil Bagian Dalam Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, PT Pertamina (Persero) akan melakukan pembangunan energi di Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, PT Pertamina (Persero) akan melakukan pembangunan energi di Pelabuhan Internasional Patimban , Subang, Jawa Barat. Pembangunan itu sebagai dukung perseroan terhadap operasional di kawasan pelabuhan dan sekitarnya.

"Ini juga akan ada Pertamina yang akan melakukan pembangunan dukungan energi bagi pelabuhan patimban dan sekitarnya," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Minggu (20/12/2020).

(Baca Juga: Pelabuhan Patimban Jadi Kunci Penghubung Antarkawasan, Perdana Ekspor 140 Unit Mobil )

Selain Pertamina mengambil bagian bagi pembangunan di kawasan pelabuhan, Proyek Strategi Nasional (PSN) itu juga akan diintegrasikan atau dikoneksikan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Menhub Budi menyebut, hal itu guna mengefisiensikan waktu dan biaya logistik nasional di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, sejumlah moda transportasi darat juga didesain agar bisa disinergikan dengan Pelabuhan Patimban. Misalnya jalan tol dan jalan kereta api. Langkah itu diharapkan akan meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan prioritas industri di sepanjang koridor Jawa sehingga perekonomian nasional meningkat dengan bermanfaat luas bagi masyarakat.

"Pelabuhan Patimban akan terkoneksi dengan jalan tol dan jalan kereta api, ini akan meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan prioritas industri di sepanjang koridor Jawa," kata dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Pelabuhan Patimban, bertajuk soft launching secara virtual dari Istana Bogor. Setelah peresmian tersebut, Pelabuhan Patimban mulai dapat digunakan.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan," ujar Jokowi hari ini.

(Baca Juga: Resmikan Pelabuhan Patimban, Jokowi: Siap Melayani 3,75 Juta Peti Kemas )

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Jokowi. Pelabuhan tersebut diharapkan dapat membagi beban dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang telah ada saat ini.

Pada awal operasinya, Pelabuhan Patimban akan membuka kapasitas sebesar 3,75 juta teus. Nantinya Jokowi bilang akan terus berkembang hingga 7 juta teus.

Selain terminal untuk peti kemas, Pelabuhan Patimban juga menyediakan terminal untuk mobil. Kapasitas terminal mobil yang disediakan dalam operasi pertamanya adalah sebanyak 218.000 mobil CBU. "Nantinya menjadi 600.000 kendaraan dan akan meningkatkan ekspor otomotif kita ke pasar global," ujar dia.

Presiden juga menyebut bahwa Pelabuhan Patimban memiliki lokasi yang strategis. Pelabuhan tersebut berdekatan dengan Bandara Kertajati serta kawasan industri Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)