Waspada Liburan! Nongkrong di Rest Area Bisa Dicokot Corona

Senin, 21 Desember 2020 - 13:15 WIB
loading...
Waspada Liburan! Nongkrong di Rest Area Bisa Dicokot Corona
Ilustrasi rest area. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), meminta masyarakat hati-hati ketika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi saat libur Nataru 2020 . Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi pun mewanti-wanti penyebaran Covid-19 terjadi ketika di rest area atau tempat peristirahatan.

"Kita lihat libur panjang sebenarnya paling kritikal adalah pengguna kendaraan pribadi dalam tol. Pasalnya di dalam tol itu paling kritikal adalah di rest area, baik di Trans Jawa maupun di Trans Sumatera," ujar dia dalam webianr MTI secara virtual, Senin (21/12/2020).



Berdasarkan catatan YLKI di sejumlah rest area masih sangat minim penandaan dan peringatan protokol kesehatan. Dan masih banyak masyarakat yang bergerombol tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker. "Kami melihat penandaan itu hanya terlihat di toilet ataupun di masjid. Maka itu saya juga sudah meminta kepada Kementerian PUPR dan manajemen rest area untuk menandakan penandaan itu diperbanyak," ungkap dia.

Pihaknya juga ingin manajemen rest area tidak hanya membuat peringatan protokol kesehatan dalam bentuk tulisan. Akan tetapi melalui pengeras suara. "Sehingga orang tunarungu pun terakomodir dengan baik. Saya lihat juga semua manajemen rest area punya loudspeaker tetapi jarang dipakai untuk peringatan pada pengunjung di rest area untuk mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.



YLKI juga menyoroti beberapa warung dan restoran lokal yang terdapat di rest area. Di mana dari beberapa temuan di lapangan, masih banyak yang tidak menerapkan tempat duduk dengan jaga jarak kecuali di pendopo."Kita lihat hanya restoran asing ini lebih bagus implementasi protokol kesehatannya misalnya di Starbuck," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)