Tingkatkan Kinerja, MNC Bank Fokus ke Dana Murah

Selasa, 22 Desember 2020 - 13:13 WIB
loading...
Tingkatkan Kinerja, MNC Bank Fokus ke Dana Murah
Ilustrasi MNC Bank. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) menyiapkan strategi untuk tetap mencapai kinerja positif meskipun menghadapi pandemi covid19. Salah satu fokus perseroan adalah menekan biaya dana atau cost of fund demi mendongkrak pendapatan margin bunga.

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan perseroan telah menyiapkan berbagai strategi dalam menghimpun dana murah. Strategi ini akan mendukung kinerja penyaluran kredit berkualitas yang menyasar segmen bisnis yang bertahan di tengah tantangan pandemi covid19. "Kami akan mencari sumber dana murah demi mendapatkan pendapatan bunga yang lebih baik. Di sisi kredit kami juga gencarkan pada segmen bisnis yang minim risiko seperti konsumer dan ritel dan ditunjang oleh sektor komersial," ujar Mahdan di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Selasa (22/12/2020).



Tahun 2020 ini perseroan juga sudah mengembangkan strategi menggenjot dana murah dengan menarik nasabah agar semakin meningkatkan minat menabungnya. Salah satu contoh penerapan strategi tersebut, dapat dilihat pada peningkatan akuisisi dana murah melalui Tabungan Dahsyat. "Program tersebut mampu meningkatkan dana murah bank sekaligus memberikan nilai lebih kepada nasabah kami," terangnya.

Perseroan menarik minat nasabah dengan penawaran hadiah dahsyat e-voucher Shopee Rp100.000 bagi masyarakat yang membuka rekening minimal Rp1 juta. Berikutnya undian hadiah bulanan sebanyak 30 e-voucher Shopee masing-masing senilai Rp10 juta ditambah hadiah tiga bulanan sejumlah 3 iPhone dan 12 Pro Max. "Kami juga punya grand prize 3 Avanza Veloz 1.5 AT dan sebuah Alphard 2.5G AT bagi nasabah dengan saldo rata-rata Rp10 juta," tambahnya.

Terbukti di tahun 2020 meski dengan tantangan pandemi COVID-19 MNC Bank masih mempertahankan kinerja positifnya. Hal tersebut terlihat dari kinerja Net Interest Margin (NIM) yang meningkat pada kuartal tiga 2020 menjadi 4,29%. "Pendapatan bunga bersih menjadi Rp303,51 miliar, dan berhasil mencetak laba bersih Bank sebesar Rp2,70 miliar meskipun tantangan sangat besar," lanjutnya.

Hasilnya MNC Bank kembali mendapatkan apresiasi terhadap kinerja operasionalnya melalui ajang penghargaan Indonesia Operational Excellence Awards (IOEA) 2020 yang diserahkan secara virtual pada Jumat, 18 Desember 2020. MNC Bank, sebuah unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group, berhasil memperoleh peringkat Gold (Excellent) untuk kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) II, pada virtual award yang diselenggarakan oleh Economic Review bekerja sama dengan PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, dan Ideku Group.



Indonesia Operational Excellence Awards 2020 adalah bentuk apresiasi kepada perusahaan maupun organisasi baik private maupun publik yang berhasil membuat strategi tepat sasaran untuk mencapai visi dan misi melalui operational excellence dengan pendekatan 'lean'. Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria tersebut kepada sekitar 1.000 perusahaan publik (Tbk) maupun non publik.

Peserta kegiatan dibagi menjadi 9 sektor industri dan dikategorikan menjadi 46 sub sektor industri serta kepemilikan dan asetnya. Pencapaian operational excellence melalui implementasi lean management memiliki prinsip dasar untuk memberikan value yang lebih dengan resources yang terbatas, memaksimalkan resources yang ada dengan menghilangkan pemborosan pada proses kerja
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3226 seconds (0.1#10.140)