Pak Jokowi! Masih Banyak Menteri yang Miskin Prestasi

Rabu, 23 Desember 2020 - 08:47 WIB
loading...
Pak Jokowi! Masih Banyak Menteri yang Miskin Prestasi
FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo merombak jajaran menterinya . Ada 6 nama baru yang mengisi posisi menteri di mana 4 diantaranya merupakan yang mengurusi masalah perekonomian.

Keempat nama tersebut adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Kemudian ada nama Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, pergantian pada beberapa Menteri ini bisa menjadi game changer bagi perekonomian nasional. Apalagi pemerintah juga sedang fokus dalam mengatasi penanganan Covid-19 sambil perlahan memulihkan kembali ekonomi. Namun dengan syarat, menteri baru memiliki integritas yang tinggi serta profesional.

“Pergantian menteri saya kira bisa menjadi game changer. Kalau komposisisi yang baru nanti benar-benar tepat, profesional dan berintegritas bisa membantu pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (23/12/2020).



Menurut Piter, tahun depan merupakan waktu yang sangat krusial. Pasalnya tahun depan seharusnya bisa menjadi momen pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang mempengaruhi hampir sebagian besar aktivitas perekonomian di Tanah Air.
“Tahun depan itu sangat krusial. Tahun pemulihan ekonomi pasca pandemi. Jadi sangat menentukan kinerja Pak Jokowi di masa pemerintahannya yang kedua,” jelasnya.



Oleh karena itu lanjut Piter, pihaknya berharap Presiden Joko Widodo agar bisa lebih berani untuk mengganti beberapa menteri yang memiliki kinerja kurang optimal. Khususnya menteri-menteri yang tidak memiliki terobosan dan inovasi selama setahun lebih pemerintahan ini. "Oleh karena Itu menurut saya Pak Jokowi harusnya berani mengganti menteri yang setahun ini minim prestasi, tidak Ada terobosan, tidak inisiatif apalagi inovasi. Mayoritas menteri Pak Jokowi menurut Saya masuk kriteria ini. Miskin prestasi dan tidak ada inovasi terobosan," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0912 seconds (0.1#10.140)