4 Kiat Tingkatkan Omzet Bisnis Online di Tahun 2021

Sabtu, 26 Desember 2020 - 07:07 WIB
loading...
4 Kiat Tingkatkan Omzet Bisnis Online di Tahun 2021
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi di seluruh dunia tampaknya memberikan perjalanan yang sulit bagi para pebisnis, terlebih kepada para pelaku UMKM.

Pada kenyataannya, 90% kegiatan UMKM telah terganggu dikarenakan pandemi covid-19. Begitupun tekanan yang dirasakan berdampak pada penurunan omzet para pelaku UMKM hingga 72,6%, dan juga terhambatnya proses penyaluran modal.

Krisis Covid-19 menjadikan segala situasi menjadi serba tidak pasti jumlah kasus yang terus bertambah membuat laju perekonomian melambat, ditambah produktivitas masyarakat yang kian menurun dikarenakan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah.

( )

Namun, menurut CEO Bitlabs Academy, Eric Handoyo bukan berarti dengan adanya pembatasan tersebut lantas pelaku UMKM tidak dapat melakukan inovasi bisnis.

Justru, kini pelaku UMKM harus memikirkan strategi untuk beradaptasi dengan situasi yang ada dengan memikirkan langkah kedepan, salah satunya dengan beradaptasi dengan teknologi yang kian canggih, seperti keberadaan marketplace dan media sosial.

“Teknologi kini menjadi salah satu penopang terbesar di sektor bisnis, apalagi dengan keberadaan internet. Kini, kita mau jualan apa saja bisa dengan mudah melalui internet, baik itu dari marketplace atau media sosial seperti IG. Jadi sepertinya kita akan butuh strategi berbisnis yang lebih inovatif lagi di tahun depan, apabila kita mau meningkatkan omzet dari hasil jualan online,” jelas Eric di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

( )

Bitlabs pun memberikan tips menarik untuk meningkatkan omzet bisnis online pada 2021. Pertama, riset tren produk. Sebelum lebih dalam membahas strategi marketing yang akan digunakan, penting untuk mengetahui apakah produk yang akan dipasarkan merupakan produk yang dicari banyak orang atau tidak.

"Hal ini perlu dilakukan guna menghindari upaya yang sia-sia, apabila ternyata produk yang dipilih tidak ada peminatnya. Selain itu, produk yang tepat dengan perencanaan harga jual yang sesuai akan membantu untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah tanpa harus takut rugi dalam biaya promosi," ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)