Kolaborasi dengan Sandi, Begini Strategi Wamen Angela Bangkitkan Industri Parekraf

Sabtu, 26 Desember 2020 - 19:40 WIB
loading...
Kolaborasi dengan Sandi, Begini Strategi Wamen Angela Bangkitkan Industri Parekraf
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengikuti acara sertijab Menparekraf baru-baru ini. FOTO/Heru Haryono
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan beberapa program untuk membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Mengingat, industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, salah satu yang disiapkan adalah dana hibah pariwisata Menurut Angela, saat ini Kemenparekraf sedang menyusun dana hibah lainya untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Program ini sebagai lanjutan dari program dana hibah pariwisata sebelumnya. Di mana ketika itu, program dana hibah pariwisata sudah berjalan saat Wishnutama Kusubandio menjabat sebagai Menparekraf. Begitu kolaborasi dengan Menparekraf Sandiaga Uno strategi tersebut terus dijalankan.

"Secara singkat saya bisa sampaikan bahwa saat ini saya sampaikan saat ini kita sedang menyusun hibah pariwisata lainnya yang bisa dibilang hibah pariwisata tahap kedua, tahap ketiga, tahap berikutnya yang semoga bisa lebih bermanfaat lagi bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia," ujarnya dalam acara Dialog Menparekraf dengan Kadispar Provinsi dan Kabupaten/Kota - Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman dan Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru secara virtual, Sabtu (26/12/2020).



Menurut Angela, program hibah pariwisata tidak hanya melulu yang menyangkut pada penggunaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Akan tetapi hibah pariwisata ini mencakup beberapa program lainnya seperti adalah untuk permodalan.

"Disini juga selain kita penggunaaan dana PEN untuk hibah tersebut tapi juga hibah permodalan jadi kemenpar ini tahun depan kita meningkatkan program permodalan lebih besar lagi dari tahun ini," jelas Angela.

Selain itu lanjut Angela, program dana hibah juga akan mencakup mengenai desain. Menurutnya hibah desain ini sangat bagus untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan desain produk mereka. "Lalu juga ada program hibah desain ini juga bagus sebetulnya jadi kita membantu para UMKM untuk meningkatkan desain mereka dengan bekerja sama dengan asosiasi desain Indonesia," jelasnya.

Angela menambahkan, Kemenparekraf juga menyiapkan program penguatan daya beli masyarakat untuk industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Namun, untuk penerapannya masih akan melihat perkembangan terkini dari tren penyebaran virus corona di dalam negeri.

"Selain itu kita juga sedang menyusun program-program penguatan daya beli masyarakat untuk industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin ini juga dinanti-nanti oleh bapak ibu sekalian tapi tentunya kita harus melihat juga kondisi di lapangan sehingga sesuai dan pas waktunya. Karena kita juga harus melihat tren dari pada covid-19," jelasnya.



Selain itu, Kemenparekraf juga bakal menyiapkan berbagai program peningkatan kualitas ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti misalnya desa wisata hingga sumber daya manusianya (SDM). "Selain itu saya kira yang penting adalah berbagai program peningkatan kualitas ekosistem pariwisata ekonomi kreatif. Nah ini akan dilanjutkan, desa wisata yang mandiri dan berkelanjutan serta peningkatan sumber daya manusia," kata Angela
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)