Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramal Melonjak Sebesar 6% di Tahun Depan

Senin, 28 Desember 2020 - 10:42 WIB
loading...
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramal Melonjak Sebesar 6% di Tahun Depan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Laporan prospek ekonomi terbaru dari Oxford Economics bersama The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) memperkirakan bahwa PDB di seluruh Asia Tenggara (ASEAN) akan berkontraksi sebesar 4,1% pada tahun 2020 sebelum melonjak tajam menjadi 6,2% pada tahun 2021. ( Baca juga:Investor Diminta Waspada Aksi Ambil Cuan di Tengah Kenaikan IHSG )

"Pemulihan tersebut sebagian disebabkan oleh low base effect dari tahun ini, tetapi kebijakan makro dinilai akan tetap berperan akomodatif, dengan dukungan fiskal yang ekstensif dan suku bunga rendah," tulis laporan tersebut di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Bagi Indonesia, laju pemulihan dinilai masih belum pasti, terutama akibat tren mobilitas yang lemah, impor yang tergelincir dua digit, dan melemahnya penjualan ritel. Meskipun demikian, volume penjualan ritel dan produksi industri di Indonesia relatif stabil jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya yang terpukul cukup keras.

"Secara keseluruhan, pandemi diperkirakan akan meninggalkan bekas luka permanen pada tingkat PDB Indonesia, yang diperkirakan akan menyusut sebesar 2,2% tahun ini sebelum melonjak menjadi 6% pada tahun 2021, dengan bantuan belanja konsumen dan infrastruktur," katanya.

Di tingkat global, periode lockdown dan social distancing yang berkepanjangan diperkirakan akan membatasi pertumbuhan PDB global tahun ini. Kondisi itu menyebabkan kecil kemungkinan angka PDB akan kembali seperti sebelum Covid-19, dan kegiatan perdagangan juga diprediksi akan kembali aktif sebelum akhir 2021.

Di Asia Tenggara, pertumbuhan ekonomi akan dibatasi oleh masih berlanjutnya penerapan social distancing. Namun, pembatasan ini diperkirakan akan secara bertahap dilonggarkan sepanjang tahun depan, terutama di negara-negara yang mampu mendistribusikan vaksin dengan cepat. ( Baca juga:Fadli Zon Tantang Menag Debat soal Populisme Islam )

Meskipun ketidakpastian akan tetap ada dan sebagian besar negara akan membutuhkan waktu untuk pulih dari kerugian, berita positif baru-baru ini terkait vaksin turut menyeimbangkan risiko atau skenario negatif yang dapat terjadi. Selain itu, prospek optimisme untuk pertumbuhan regional Asia Tenggara tetap terlihat dalam jangka menengah dan panjang.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)