Sudah Unggul Sebelum Covid Datang, Survei: Transaksi E-commerce Bisa USD40 Miliar

Rabu, 30 Desember 2020 - 22:02 WIB
loading...
Sudah Unggul Sebelum Covid Datang, Survei: Transaksi E-commerce Bisa USD40 Miliar
Survei yang dilakukan Bank DBS Indonesia menyatakan bahwa perusahaan harus segera mempercepat strategi omni-channel atau memulai kemitraan dengan platform e-commerce yang mapan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Survei yang dilakukan Bank DBS Indonesia menyatakan bahwa perusahaan harus segera mempercepat strategi omni-channel atau memulai kemitraan dengan platform e-commerce yang mapan. Pasalnya hal itu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan besar ke depannya.

"Selain menguntungkan para perusahaan besar yang berjualan melalui e-commerce, minat tinggi berbelanja online juga mempengaruhi pertumbuhan UMKM dan pengusaha mikro," tulis survei tersebut di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

(Baca Juga: Alasan Mengapa Ini Saatnya Mulai Berjualan di Ecommerce )

Membeli produk milik UMKM melalui e-commerce dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjaga keberlangsungan ekonomi sekaligus menjaga jarak di tengah pandemi. Bahkan menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pelaku usaha dan UMKM yang terhubung dengan platform online dapat bertahan bahkan tumbuh di tengah pandemi.

Meskipun peminat belanja e-commerce naik secara tajam selama pandemi, e-commerce Indonesia ternyata sudah berkembang pesat bahkan unggul di kawasan Asia Tenggara sebelum Covid-19 mewabah serta menjadi salah satu pendorong utama ekonomi nasional.

Nilai Gross Market Value (GMV) dari e-commerce di Indonesia mencapai USD21 miliar di tahun 2019 dan diprediksi meningkat hingga USD40 miliar pada tahun 2022. "Berlanjut hingga saat pandemi berlangsung, Bank DBS Indonesia menilai pentingnya peran e-commerce selama wabah dan mengharapkan kontribusinya terus berkembang pasca-corona," katanya.

Dalam mendukung berkembangnya e-commerce di Indonesia, pemerintah melakukan penguatan jaringan internet di seluruh pelosok Tanah Air.

(Baca Juga: Banyak Jual Barang Impor, HT Usulkan Ecommerce Khusus Produk Lokal )

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro pada pertemuan tahunan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting 2019, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia terus meningkatkan pelayanan teknologi komunikasi dan informasi bagi pengguna internet di Indonesia.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan produktivitas ekonomi dan membuka kesempatan lapangan kerja baru.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)