Sandiaga Uno Sebut Peluang Bisnis E-Sports Bisa Pulihkan Ekonomi

Kamis, 31 Desember 2020 - 06:54 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sebut Peluang Bisnis E-Sports Bisa Pulihkan Ekonomi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong, agar bisnis E-sports lebih dikembangkan di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong, agar bisnis E-sports lebih dikembangkan di Indonesia. Pasalnya, Indonesia telah menjadi salah satu pasar game terbesar di Asia Pasifik dengan angka mencapai Rp13 triliun, dengan populasi online 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain.

"Bahkan untuk kategori penonton E-Sport sudah mengalahkan olahraga tradisional. Pada tahun 2023 diperkirakan akan ada 646 juta pemirsa E-Sports di seluruh dunia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

(Baca Juga: Dunia Games Sandang Predikat Media-Penyelenggara Kompetisi Esports Terbaik )

Selain itu, pada masa pandemi virus Corona (Covid-19) yang kini tengah melanda dunia, banyak penyelenggara turnamen E-Sports berpikir keras agar ajang yang digelar tetap berjalan. Hal inilah yang memunculkan tren baru di ranah esports.

"Semua menjadi serba online tidak hanya kualifikasi, bahkan kini fase grup hingga main event telah banyak digelar demi menjaga ekosistem industri E-Sports," ungkapnya.

Diprediksi jika kondisi ini akan terjadi sepanjang tahun 2020 dan tren ini akan semakin membuat industri E-Sports menguntungkan pada tahun 2021. Karena dari segi sosial ini akan menjadi sebuah 'budaya' di ranah E-Sports.

"Orang-orang akan lebih nyaman menyaksikan pertandingan di rumah dan memanfaatkan gadget mereka untuk tetap mengikuti perkembangan E-Sports," jelas Sandi.

Sandi yang merupakan tokoh Enterpreneur memprediksi sektor ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan, pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia disebut akan terus meroket hingga angka ratusan milliar dollar AS. Dan salah satu peluang besar ekonomi digital itu ada di industri E-Sports.

"Trend E-Sports merupakan peluang bisnis yang menarik karena banyak data yang menyebutkan bahwa pertumbuhan bisnis ini ke depannya sangat bagus. Baik pertumbuhan jumlah pemain dan penonton E-Sports, di tahun 2025 jumlahnya akan meningkat double daripada jumlah saat ini," tukasnya.

(Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Antisipasi Virus Baru untuk Wisata Indonesia )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)