Begini Cara Sederhana Bikin Kolam untuk Koleksi Ikan Hias

loading...
Begini Cara Sederhana Bikin Kolam untuk Koleksi Ikan Hias
Keberadaan kolam ikan hias di rumah akan mendatangkan kenyamanan tersendiri bagi penghuni. (Foto: Dok/Pinterest)
PANDEMI Covid-19 tidak selamanya mendatangkan masalah ekonomi bagi masyarakat. Bagi sebagian pengusaha, justru kondisi itu mendatangkan keuntungan tersendiri menyusul kebijakan pemerintah yang mengharuskan masyarakat berada di rumah. Salah satunya adalah pedagang ikan hias.

Belakangan ini, bisnis ikan hias kembali menggema sejak adanya pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak masyarakat yang terpaksa harus beraktivitas dari rumah saja.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan kejenuhan akibat kondisi, banyak hobi baru yang bisa dilakukan masyarakat, termasuk memelihara ikan hias. Nah, untuk bisa mendukung hobi ini Anda pun harus menyiapkan kolam ikan di rumah.

Langkah pertama untuk membuat kolam ikan adalah buat konstruksi kolam secara sederhana dan murah seperti dari bahan material batu bata yang diplester dan diaci. "Agar tidak bocor, cara yang paling tepat adalah menggunakan beton. Namun, biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan menggunakan batu bata," jelas arsitek Fajar Kresno Murti.



Sebagai jalan tengahnya, Fajar menyarankan untuk membuat konstruksi campuran antara beton dan batu bata. Untuk bagian dasar kolam dan sepertiga bagian bawah dinding kolam dicor menggunakan beton dengan ketebalan ideal 10 cm.

Pengecoran beton pada kolam sama seperti pengerjaan lantai dak. Namun, sebaiknya pengecoran dilakukan secara sekaligus agar terhindar dari kemungkinan retak.

"Setelah beton kering, dinding bata dapat dipasang. Pemasangan bata yang tepat juga akan memperkecil risiko terjadinya kebocoran pada kolam," tegasnya.

Saat pemasangan, bata harus tetap datar dan tegak lurus. Bagian bata yang menumpang tidak boleh kurang dari 1/4 dari panjang bata, dan bata harus dalam kondisi lembap pada saat dipasang.

Selain itu, kelebihan adukan yang menempel pada dinding pasangan harus segera dibersihkan sebelum mengeras. Selamat mencoba.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top