Luhut Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM Indonesia

Kamis, 14 Mei 2020 - 18:49 WIB
loading...
Luhut Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Ini sudah terbukti ketika terjadi Krisis Ekonomi 1998.

Namun pandemi Covid-19 memukul semua sektor usaha baik besar maupun skala UMKM. Karena itu, pemerintah terus memberikan stimulus kepada pelaku UMKM agar bisa bertahan dan tumbuh ditengah tekanan pandemi.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, para pelaku UMKM ini memegang peranan penting bagi ekonomi Indonesia. Karena itu, pemerintah berkeinginan agar para pelaku UMKM ini bisa naik kelas sehingga ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih tinggi.

"UMKM ini pilar dari pada ekonomi kita, pengusaha besar besar ada tapi Anda (UMKM) memainkan peranan yang penting," ujarnya dalam acara Peluncuran Gerakan #BanggaBuatanIndonesia di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Luhut menerangkan dengan adannya dukungan pemerintah, jangan membuat para pelaku UMKM untuk terlena. Dirinya juga meminta agar para pelaku UMKM meningkatkan kualitas produknya agar memiliki daya saing.

Terkait peningkatan kualitas produk, Luhut menekankan hal ini harus didukung oleh konsumen. Luhut mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai produk Indonesia dengan membeli produk asli dalam negeri.

"Jadi bapak, ibu ayo kita sungguh-sungguh manfaatkan produk Indonesia, dengan cinta produk Indonesia dan membeli produk Indonesia," ucapnya. Baca Juga: Dorong UMKM dan Koperasi Naik Kelas Melalui Branding Produk Lokal

Menurut Luhut, dalam situasi ini alangkah lebih baiknya untuk saling mendukung. Bentuk dukungan yang paling nyata dan mudah adalah dengan membeli produk dari para pelaku UMKM.

Pasalnya, para pelaku UMKM ini menjadi salah satu sektor yang paling terdampak dari virus corona. Karena aktivitas masyarakat dibatasi oleh pemerintah untuk memutus peneyabran virus corona di dalam negeri.

"Covid-19 tidak terbayang seperti ini, begitu besar dampaknya tapi ini membawa kita lebih dekat," pungkasnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)