Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Ditentukan Keberhasilan Distribusi Vaksin

Senin, 04 Januari 2021 - 23:16 WIB
loading...
Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Ditentukan Keberhasilan Distribusi Vaksin
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom PT Pefindo Fikri C. Permana mengatakan, pemulihan ekonomi , dari sisi rumah tangga, korporasi, dan penyaluran belanja pemerintah sudah mulai terjadi pada kuartal IV tahun 2020. Meski begitu, secara year-on-year, pertumbuhan ekonomi tahun 2020 diproyeksi masih akan negatif.

Di tahun ini, pergerakan ekonomi nasional salah satunya ditentukan oleh program vaksinasi. Terutama, terkait dengan distribusi vaksin ke wilayah Indonesia. ( Baca juga:Jangan Panik! Ada Peluang Bank Sentral Naikkan Bunga Acuan )

"Di 2021, distribusi vaksin yang akan jadi kunci. Kemudian konsumsi masyarakat juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujarnya pada Market Review IDX Channel, Senin (4/1/2021).

Menurut dia, meski secara tahunan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh negatif di 2020, ada beberapa capaian positif yang menjadi catatan. Salah satunya transformasi ekonomi digital yang dilakukan lebih cepat dari perkiraan selama pandemi Covid-19.

"Ekonomi digital sudah cukup advance dan pertumbuhannya cukup signifikan di tahun ini. Di samping itu, sektor kesehatan dan komunikasi juga tumbuh cukup signifikan," imbuhnya.

Pada saat yang sama, sektor pariwisata yang terdampak cukup dalam juga melakukan transformasi di manajemen atau cara bisnisnya. Begitu pula di sektor properti melakukan transformasi dengan berbagai skema terkait pembelian properti.

"Jadi semua sektor ternyata melakukan transformasi dalam melihat dampak pandemi terhadap berbagai sektor," jelas Fikri.

Fikri menambahkan, pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini masih akan menjadi risiko utama. Meski begitu, optimisme dari masyarakat terhadap pemulihan ekonomi sudah terlihat. ( Baca juga:Mengapa Pemerintah China Berbalik Arah Melawan Jack Ma? )

"Dari sektor keuangan, pertumbuhan di pasar modal tumbuh signifikan. Di saat yang sama kita juga lihat di SBN ritel diserap dengan cukup baik oleh masyarakat. Sektor pertanian juga tumbuh positif di tahun lalu walaupun di tahun-tahun sebelumnya cukup tertekan. Kemudian posisi manufaktur di kuartal IV-2020 di level 51,6. Artinya sudah mulai positif," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)