Geser Jeff Bezos, Elon Musk Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Jum'at, 08 Januari 2021 - 00:01 WIB
loading...
Geser Jeff Bezos, Elon Musk Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia
CEO Tesla Elon Musk. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pendiri sekaligus CEO Tesla Elon Musk kini menempati posisi pertama orang terkaya di dunia menggeser bos besar Amazon.com Jeff Bezos . Kekayan miliarder muda melonjak tajam mencapai USD188,5 miliar melampaui Jeff Bezos USD1,5 miliar.

Dilansir dari Reuters, Jumat (8/1/2021) kekayaan Elon Musk melesat lantaran harga saham Tesla meroket 4,8% yang akhirnya menyingkirkan Jeff Bezos dari posisi pertama orang paling tajir di dunia. Secara terpisah, Bloomberg melaporkan bahwa insinyur kelahiran Afrika Selatan itu akhinya mampu menggeser Jeff Bezos yang sejak dari 2017 bercokol menempati posisi teratas orang paling kaya di bumi.

(Baca Juga : Jack Ma Makin Merana, Trump Bakal Larang Alibaba Investasi di AS )

Keduanya juga bersaing sebagai penjelajah luar angkasa. Elon Musk sebagai pemilik Space Exploration Technologies Corp atau SpaceX bersaing dengan Bezos sebagai pemilik Blue Origin LLC. Selama satu tahun terakhir, kekayaan bersih Musk melonjak lebih dari USD150 miliar tercepat dalam sejarah.



Elon Musk menutup kesuksesan luar biasa dalam waktu hanya 12 bulan dipicu kenaikan harga saham Tesla yang melonjak 743% tahun lalu dukung oleh keuntungan yang konsisten. Pada dasarnya Bezos masih akan memegang kendali jika bukan karena perceraiannya yang memaksa seperempat saham Amazon diserahkan mantan istrinya, MacKenzie Scott di samping juga sebagian didermakan.

(Baca Juga : Jadi Orang Terkaya Sejagad, Elon Musk Diingatkan Ada Orang Kelaparan di Dunia )

Sebelumnya Musk juga berhasil menyalip Bill Gates jadi orang terkaya kedua di dunia. Kekayaan bersih pengusaha muda berusia 49 tahun itu melonjak USD7,2 miliar menjadi USD127,9 miliar didorong oleh lonjakan harga saham Tesla. Dilansir Bloomberg Widget, harta Elon Musk bertambah USD100,3 miliar. Berdasarkan laporan Bloomberg Billioners Index sebelum menggeser Bill Gates pada Januari lalu Elon Musk masih menduduki peringkat ke-35 dunia dari 500 orang terkaya di dunia.



Kenaikan peringkat kekayaannya sebagian besar didorong oleh Tesla, yang nilai pasarnya mendekati USD500 miliar. Sekitar tiga perempat dari kekayaan bersihnya terdiri dari saham Tesla, yang bernilai lebih dari empat kali lipat sahamnya di Space Exploration Technologies Corp., atau SpaceX. Bos Microsoft Corps itu harus menerima kenyataan posisinya disalip Elon Musk.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)