Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, MTI: Kami Akan Lihat Apakah Ada Dampak Pandemi pada Kesejahteraan Pilot

Sabtu, 09 Januari 2021 - 22:15 WIB
loading...
Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, MTI: Kami Akan Lihat Apakah Ada Dampak Pandemi pada Kesejahteraan Pilot
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Suharto Abdul Madjid mengakui dirinya terkejut dengan kabar jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 . Meski di tengah pandemi, keamanan penerbangan relatif bagus dan tidak ada kecelakaan.

"Saya terkejut karena sudah cukup lama tidak ada kecelakaan pesawat setahun terakhir," ujar Suharto saat dihubungi hari ini (9/1) di Jakarta.

Menurutnya, maskapai Sriwijaya Air termasuk bagus dari sisi kinerja keselamatannya dibandingkan Lion Air. Dalam rentang 10 tahun terakhir bisa dilihat Sriwijaya Air termasuk bagus. "Kita bisa lihat rekam jejaknya Sriwijaya Air cukup bagus dalam hal keselamatan," katanya. ( Baca juga:Sriwijaya Air Jatuh, Mantan Ketum HMI Mulyadi Berangkat Bersama Istri dan Mertuanya )

Namun dirinya berjanji akan segera mengumpulkan informasi sebelum memberikan komentar lebih lanjut tentang penyebab jatuhnya Sriwijaya Air. Setidaknya ada beberapa isu yang akan dipertimbangkan, seperti performa pesawat, pilot, co pilot, sistem navigasi, usia pesawat dari sisi teknis dan ekonomis, lalu rekam jejak pesawat, serta faktor cuaca. "Semua data kita kumpulkan dan pelajari untuk menganalisa. Mudah-mudahan dua hari ini bisa punya data awal," ujarnya. ( Baca juga:Pemimpin Hizbullah: Tombol Nuklir di Tangan ‘Bodoh Gila’ Trump )

Selain itu juga ada satu hal yang akan diselidiki, yaitu apakah ada dampak dari kondisi pandemi pada kesejahteraan pilot yang merupakan SDM langsung dan ujung tombak maskapai. Sudah seharusnya gaji pilot, khususnya yang senior tidak boleh di bawah standar. Hal ini menurut dia akan masuk dalam analisa.

"Untuk gaji pilot senior di Indonesia cukup baik. Tidak boleh di bawah standar karena ini SDM yang langsung bertanggung jawab. Tapi kami akan lihat apakah ada dampak pandemi pada kesejahteraan pilot," katanya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)