Pengusaha Sudah Tidak Lagi Optimis seperti Dulu, Dua Hal Ini Penyebabnya

loading...
Pengusaha Sudah Tidak Lagi Optimis seperti Dulu, Dua Hal Ini Penyebabnya
Pengusaha Indonesia ragu, pemulihan yang digadang-gadang bakal terjadi tahun ini akan sulit terjadi karena dua hal ini. Foto/Dok
JAKARTA - Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwanton menilai, pada akhir tahun 2020 pertumbuhan ekonomi nasional bisa mencapai 4%. Namun mutasi virus Covid-19 membuat ragu, pemulihan yang digadang-gadang bakal terjadi tahun ini akan sulit terjadi.

"Namun karena ada varian baru dari virus ini yang jauh lebih cepat penyebarannya ditambah lagi ada PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Jawa-Bali, maka membuat prediksi kita tidak seoptimis sebelumnya," kata Sutrisno di Jakarta, Senin (11/1/2021).

(Baca Juga: Pengusaha 'Teriak' Soal Pembatasan Kegiatan Jawa-Bali: Jangan Pukul Semua Sektor )

Padahal menurut dia sebelumnya diprediksi ekonomi Indonesia akan membaik. "Tapi dengan adanya ini jadi berkurang optimismenya," ungkap dia.



Namun kalangan pengusaha harus tetap optimistis, pasalnya kalau tidak nanti akan mati. Apindo juga berharap agar vaksinasi covid-19 segera cepat dilaksanakan.

(Baca Juga: Pembatasan Kegiatan Jawa-Bali, Airlangga: Bersepeda Tidak Dilarang )

"Vaksin yang kredibel yang memang diakui efektifitas dan risiko yang paling rendah. Kalau itu bisa dilakukan nanti, tentu kondisinya akan berbeda lagi," katanya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top