Taman Kering Pelengkap Keindahan Rumah Kontemporer

loading...
Taman Kering Pelengkap Keindahan Rumah Kontemporer
Taman kering merupakan paduan bebatuan dengan tanaman yang dapat memberikan kesegaran. (Foto: Dok/Inspired Room)
TAMANkering bisa jadi solusi untuk taman modern ‎di hunian Anda. Secara harfiah taman kering sering diartikan sebagai rock garden, namun bukan berarti taman ini hanya diisi batu-batuan.

Meski sebagian besar area taman kering didominasi dengan batu-batuan atau elemen keras lainnya, tetapi kehadiran tanaman tetap penting untuk memberikan kesegaran dan terciptanya keharmonisan taman.

Menurut Andy Aryanto pemilik Ary Gasebo Nursery, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menciptakan taman kering yang indah dan berfungsi dengan baik, salah satunya elemen materialnya dan tanaman.

"Keindahan taman jenis ini akan dipengaruhi oleh perpaduan antaraelemen pembentuknya, seperti batu, pasir, koral, struktur fisik tanaman, akseoris, dan elemen pembentuk lain, yaitu ‎lampu, jembatan kayu, gazebo, dan kolam air," tambahnya.



Keindahan taman ini juga mengutamakan penataan atau pola tanam yang dapat mengekspos keindahan bentuk tanaman. Untuk itulah yang terkait dengan pemilihan tanaman sangat penting diperhatikan di sini. Selain karena harus merespons keterbatasan lahan, taman kering juga harus menyesuaikan dengan kegiatan penghuni yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman.

Mengingat karakter taman yang minim perawatan, tanaman untuk taman kering harus tahan banting. "Istilahnya adalah tanaman evergreen, yaitu tanaman yang berkarakter tahan terhadap cuaca setempat dan dapat menyimpan air pada tubuhnya," tegas Andy.

Sedangkan untuk ukurannya, tanaman berbatang besar kurang tepat dipilih karena akan menutupi badan rumah dan dapat memberikan kesan sumpek. Hal ini mengingat taman kering umumnya diaplikasikan pada rumah dengan lahan yang terbatas.



Andy menjelaskan, taman kering umumnya mengekspos keindahan bentuk taman yang disusun oleh elemen pendukungnya termasuk tanaman. Untuk itu, pilihan tanamannya adalah yang mudah dibentuk dan tanaman yang memiliki bentuk eksotik seperti tanaman gurun.

Mengingat taman kering dapat diletakkan di mana saja baik di depan, samping, belakang dan dalam rumah, maka pilihan tanaman juga tergantung pada di mana tanaman tersebut akan diletakkan. "Ada tanaman yang menyukai keteduhan dan ada pula tanaman yang suka bermandikan sinar matahari. Oleh karena itu, pilihan tanaman dengan karakter yang tepat akan membuat tanaman tetap subur dan tidak cepat mati," tuturnya.

Taman kering menjadi pilihan taman modern untuk penghuni yang sibuk dan tidak memiliki waktu merawat tanaman, maka harus dipilih tanaman yang minim perawatan, tanaman pemangkasan bisa dijadikan pilihan karena jenis ini memiliki pertumbuhan yang lambat.

Seperti pandan Bali, cemara, dan palem-paleman adalah pilihan tanaman besar untuk di taman kering. Sedangkan tanaman kecil, Anda bisa memilih jenis sansivieria dan kaktus. (Aprilia S Andyna)
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top