Mezanin Solusi Tambah Ruang dengan Cara Sederhana

Rabu, 13 Januari 2021 - 08:30 WIB
loading...
Mezanin Solusi Tambah Ruang dengan Cara Sederhana
Selain fungsional, keberadaan mezanin juga menambah keindahan dan keunikan hunian. (Foto: Dok/Dekoruma)
A A A
PERKEMBANGANkebutuhan ruang merupakan salah satu alasan penambahan mezanin pada suatu bangunan. Selain mudah dibuat dan fungsional, keberadaan mezanin juga dapat menambah estetika ruang.

Mezanin adalah lantai tambahan yang berada di antara dua lantai atau antara lantai dengan atap dan ini menjadi bagian dari desain arsitektur. Biasanya menjadi alternatif penambahan ruang secara vertikal yang disebabkan keterbatasan ruang horizontal pada rumah. Mezanin dibuat sebagai tambahan dari lantai yang sudah ada sebelumnya.

Membuat mezanin tidak sama dengan membuat rumah dua lantai. Bisa dibilang mezanin adalah lantai semi permanen, bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan sang pemilik rumah. Namun, perlu diingat untuk membuat lantai tambahan seperti ini plafon rumah harus tinggi sebagai ruang sirkulasi udara di bawahnya.

Saat ini beberapa indutri material juga telah menyediakan panel lantai siap pakai dengan cara prefab atau sudah dibuat di pabrik, sehingga memudahkan pemasangannya. Untuk memberikan kenyamanan, ketinggian mezanin dibuat dengan syarat yang memadai.

Arsitek Setiadi Sopandi menyarankan, jarak antara lantai dan plafon sebaiknya dibuat lebih dari 5 meter. Semakin tinggi suatu rumah, maka akan semakin memungkinkan dibuat mezanin yang nyaman.

"Mezanin yang merupakan lantai tambahan ini umumnya terbuka atau setengah terbuka, sehingga bisa dilihat dari lantai yang berbeda. Keleluasaan sirkulasi udara juga tidak terganggu karena tetap tersedia ruang terbuka," tegas arsitek yang pernah terpilih sebagai kurator Paviliun Indonesia untuk Venice Biennale.

Antara lantai mezanin hingga plafon, minimal berjarak 2,5 meter. Jadi, antara plafon dengan lantai dasar paling tidak harus memiliki tinggi antara 5 meter sampai 6 meter. Jika memang minat membuatnya dari awal, Anda bisa merencanakan untuk membuat atap plafon dengan tinggi.

Lantas, seberapa luas mezzanin yang harus dibuat? Hal ini tergantung dari kebutuhan Anda dan luas ruangan di bawahnya. "Jangan membuat lantai mezanin yang terlalu luas untuk ukuran area yang sempit. Hal ini bisa berakibat rumah terasa sumpek dan penuh, sebisa mungkin sisakan ruangan untuk void," tambahnya.

Lantai mezanin sebaiknya selalu dibuat terbuka. Posisinya yang sangat dekat dengan plafon, membuatnya membutuhkan lebih banyak ruang untuk sirkulasi udara. Setiadi menambahkan, kalau ditutup semua, sudah pasti ruangan di lantai mezanin akan menjadi panas. Jangan lupa untuk menambahkan jendela agar pertukaran udara lebih lancar.

Hal lain yang harus dicermati dalam membuat mezzanin adalah materialnya. Setidaknya, ada empat material yang bisa digunakan untuk membuat lantai mezanin, yaitu kayu, beton, baja, dan besi. Tentunya, masing-masing material ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

"Kelebihan material kayu ada pada biaya yang relatif murah, namun dari kokohnya disarankan harus memiliki ketebalan minimal 20 milimeter," paparnya.

Sedangkan untuk material beton, ia pun menambahkan material yang sangat disarankan untuk lantai mezanin karena beton memiliki kekuatan yang baik. Namun, ketika ingin menggunakan beton, dibutuhkan kecermatan tinggi saat perencanaan dan biayanya yang relatif mahal.

Besi dan baja material yang paling mudah untuk diaplikasikan dan harganya juga relatif terjangkau. Namun, sangat kurang dari segi estetika, sehingga mungkin saja tidak akan sesuai dengan desain interior ruang di rumah Anda.

"Saat ini beberapa industri material juga telah menyediakan panel lantai siap pakai dengan cara prefab atau sudah dibuat di pabrik, sehingga memudahkan saat memasangnya," tegasnya.

Dengan adanya mezanin yang ditambahkan, tentu saja perlu tangga yang menghubungkan lantai di bawahnya. Biasanya, tangga dibuat dengan desain ringan namun cukup aman untuk menjadi aksen naik dan turun.

"Untuk hunian mungil, tangga mezzanin bisa dibuat simpel menggunakan tangga melayang. Tangga menempel di dinding," kata Setiadi.

Dengan desain dan penataan yang baik, maka keberadaan mezanin bukan hanya memenuhi kebutuhan ruang tambahan tetapi juga menambah estetika rumah. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)