Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP, Sandiaga Beri Kemudahan UMKM

Sabtu, 16 Januari 2021 - 08:08 WIB
loading...
Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP, Sandiaga Beri Kemudahan UMKM
Menparekraf Sandiaga Uno mengenakan produk kreatif lokal dalam kunjungannya ke NTB. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menegaskan akan memberikan kemudahan untuk pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam event MotoGP 2021 yang akan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sandi menyebut akan menggandeng berbagai pihak untuk memberikan keleluasaan kepada pelaku Parekraf untuk ajang promosi. “Saya tadi sudah berbicara dengan teman-teman di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Pemda setempat. Kita harus berpihak pada UMKM kita, jadi jangan sampai peralatan MotoGP ini hanya eksklusif tapi tidak berpihak ke UMKM kita,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, dikutip Sabtu (16/1/2021).

( )

Sandi menyampaikan bahwa event besar MotoGP harus benar-benar dimanfaatkan oleh pelaku Parekraf di Nusa Tenggara Barat. Sandiaga pun berjanji akan membantu untuk memberdayakan UMKM Tanah Air. “Semua yang terlibat (dalam event MotoGP) harus mau ditata dengan baik dan harus mau diberdayakan,” tandasnya.

Oleh karena itu, Sandiaga memiliki tiga program untuk mewujudkan hal tersebut yaitu inovasi, beradaptasi dan kolaborasi. Tiga program ini akan jadi ‘senjata’ untuk membangkitkan Parekraf termasuk pada gelaran event MotoGP yang direncanakan akan digelar tahun ini.

( )

“Saya menawarkan 3 program yaitu inovasi, beradaptasi di tengah pandemi dan program kolaborasi. Kita gabungkan semua ini, ada beberapa program yang sudah berjalan seperti bedakan, hibah desain dan akselerasi. Itu yang kita harapkan dapat meningkatkan kualitas produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif di mandalika,” ujarnya.

“Nah program-program seperti inilah yang kita canangkan maka hari ini kita menyapa para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya memberi motivasi ke mereka agar mereka menyiapkan diri, naik kelas dan ikut bisa merasakan peningkatan usahanya, bisnisnya seiring dengan perhelatan MotoGP 2021 yang akan dilakukan Insha Allah di bulan Oktober tahun ini,” sambung dia.

( )

Pada kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, dijajakan juga UMKM khas Mandalika seperti Lombok Mutiara Sekarbela, Naung Songket, Lombok Pottery dan Bale Rattan Lombok.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)