Pencapaian Target SDGs Berubah, Ini Langkah Mitigasi Bappenas

Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:20 WIB
loading...
Pencapaian Target SDGs Berubah, Ini Langkah Mitigasi Bappenas
Pandemi Covid-19 tak hanya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga berdampak terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals(TPB/SDGs). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 tak hanya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga berdampak terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals(TPB/SDGs). Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan, penyebaran virus ini menyebabkan penyesuaian strategi dan upaya mencapai target SDGs.

“Sebelumnya, kita sudah mempersiapkan rencana pelaksanaan SDGs pada 2020 hingga 2030, namun waktu itu kita tidak menyangka akan ada pandemi Covid-19 sehingga perlu draf baru untuk mengubah rencana pelaksanaan SDGs di Indonesia,” kata Arifin yang juga selaku Ketua Pelaksana TPB/SDGs Nasional.

Ia menambahkan, sebagai langkah antisipatif, Bappenas terus melakukan mitigasi atas terdampaknya sejumlah target TPB/SDGs akibat pandemi Covid-19, dengan beragam tujuan yang mempunyai latarbelakang masalah.

Tujuan pertama, Tanpa Kemiskinan. COVID-19 menurunkan pendapatan kelompok rentan dan miskin serta meningkatkan risiko bagi kelompok menengah untuk turun menjadi kelompok miskin. Kedua, Tanpa Kelaparan. Akibat PSBB distribusi logistik pangan terganggu akibat PSBB, serta akses terhadap pangan menurun akibat PHK.

Ketiga, Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Sektor kesehatan juga perlu pembenahan baik dari segi akses, pelayanan, dan alat kesehatan. “Ke depan, kita mempersiapkan dengan reformasi kesehatan nasional. Jadi, kita bisa mengantisipasi kalau ada pandemi lagi kita bisa menanganinya,” ujar Arifin.

Keempat, Pendidikan Berkualitas. Covid-19 juga menyebabkan pola belajar-mengajar di sekolah berubah. Untuk itu, kesiapan guru mengajar secara daring, infrastruktur TIK perlu dioptimalkan, dan perluasan teknologi internet bagi keluarga miskin dan rentan.

Kelima, Kesetaraan Gender. Layanan kesehatan produksi terganggu dan beban kerja perempuan di rumah tangga menjadi meningkat. Keenam, Energi Bersih dan Terjangkau. Sektor ekonomi pun tentu sangat terdampak Covid-19. Penurunan harga komoditas energi fosil.

Untuk itu, perlu kebijakan yang kuat untuk memastikan target energi terbarukan bisa tercapai. Untuk Tujuan 7 dan 8, laju pertumbuhan Indonesia diperkirakan akan turun akibat turunnya pertumbuhan sektor industri. Dibandingkan tahun lalu, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan akan turun menjadi 2,3 persen.

Terakhir, Berkurangnya Kesenjangan. Penurunan pertumbuhan ekonomi ini juga berdampak pada ketenagakerjaan khususnya. “Jika kita tidak intervensi, tingkat kemiskinan pada 2020 bisa mencapai 10,54 persen. Namun jika kita intervensi, kemiskinan dapat ditekan menjadi 9,24 persen,” terangnya

Meski demikian, Arifin mengatakan pasca Covid-19 akan memudahkan kita untuk mencapai beberapa target TPB/SDGs. Kualitas udara dan air terlihat membaik, emisi karbon berkurang, potensi meningkatnya keanekaragaman hayati, perdagangan satwa liar semakin berkurang. Akan tetapi, pengolahan sampah perlu diperhatikan, terlebih sampah medis yang menyumbang banyaknya sampah plastik.

Menghadapi perubahan ini, Kementerian PPN/Bappenas sedang mempersiapkan draf Rencana Aksi Nasional (RAN) 2020–2024 yang mencakup aksi untuk mencapai tujuan TPB/SDGs pasca pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, Kementerian PPN/Bappenas sudah mempersiapkan solusi sebagai skenario dalam jangka pendek, menengah, dan panjang untuk implementasi TPB/SDGs.

“Covid-19 saat ini menjadi musuh bersama. Kita harapkan SDGs dapat menjadi solusi bersama, untuk itu perlu membuat SDGs sebagai kerangka program pertumbuhan,” pungkas Arifin.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)