Gokil! Joe Biden Siap Tebar Stimulus Jumbo Rp26,7 Ribu Triliun, Buat Apa?

loading...
Gokil! Joe Biden Siap Tebar Stimulus Jumbo Rp26,7 Ribu Triliun, Buat Apa?
Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat. FOTO/REUTERS/Andrew Harnik
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengajukan paket stimulus Covid-19 ke parlemen AS sebesar USD1,9 triliun atau sekitar Rp26.763 triliun dihitung berdasarkan kurs Rp14.086 per dolar AS. Kendati demikian, proposal anggaran tersebut masih ditentang Partai Republik. Namun demikian, Gedung Putih beralasan besaran paket stimulus telah sesuai dengan rekomendasi dari para pakar ekonomi dan kesehatan.

"Paket tersebut dirancang sebagai titik awal. Itu dirancang dengan komponen-komponen yang diperlukan guna memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki saat memberikan keterangan resmi pertamanya usai Joe Biden dilantik sebagai presiden AS seperti dilansir dari Reuters, Kamis (21/1/2020).

Baca Juga: Joe Biden Dilantik Jadi Presiden, Muslim Jangan Takut Masuk Amerika Serikat

Menurut dia sulit untuk memilah komponen mana yang harus dihapus, lantaran seluruhnya telah dirancang berdasarkan rekomendasi dari ekonom dan profesional kesehatan. Namun demikian hasil akhir pembahasan undang-undang biasanya tidak sama dengan proposal yang diajukan di awal.



Ia pun mengatakan bahwa Biden merupakan mantan anggota parlemen AS sehingga tidak asing dengan negosiasi kongres. Pihaknya pun akan terlibat langsung dalam proses negosiasi tersebut. "Ini adalah proses negosiasi. Dia tidak asing dengan proses pembuatan kesepakatan," jelasnya.

Baca Juga: Biden Injeksi Stimulus USD1,9 Triliun, IHSG Diramal Naik ke 6.500

Dia mengatakan bahwa proposal anggaran tersebut diajukan melalui proses perubahan rancangan undang-undang. Terkait penyelesaian di parlemen dan senat akan dikendalikan oleh Partai Demokrat. Proposal anggaran tersebut juga telah mendapatkan dukungan dari kelompok pengusaha di AS dan telah disampaikan kepada Senator Bernie Sanders. Biden pun berkomitmen 100 juta orang divaksinasi dalam 100 hari pertama di masa kepemimpinannya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top