Era Digital Banking, Aplikasi Motion MNC Bank Kian Aman & Jadi Pilihan Terbaik!

Rabu, 27 Januari 2021 - 09:27 WIB
loading...
Era Digital Banking, Aplikasi Motion MNC Bank Kian Aman & Jadi Pilihan Terbaik!
Digital Banking Group Head MNC Bank Parman Suparman (kiri) berdiskusi dengan IT Group Head MNC Bank Paulusman Wibowo (kanan) di salah satu server area MNC Bank sebelum peluncuran Motion. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pada webinar Early Year Forum 2021 menerangkan, bahwa saat ini masyarakat sudah mau bertransaksi hanya melalui telepon selular. Hal tersebut ditunjukkan oleh transaksi digital banking yang sudah melebihi nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.



Pada 2020, angka transaksinya mencapai Rp 27.036 triliun dan diperkirakan melonjak 19,1% pada 2021 menjadi Rp 32.206 triliun. Sayangnya, kemajuan teknologi dan juga aktivitas online saat ini dimanfaatkan beberapa oknum untuk melancarkan kejahatan siber.

Laporan Financial Services Information Sharing and Analysis Center (FS-ISAC) pada kuartal II-2020 menempatkan Indonesia pada peringkat ke-9 di dunia yang rentan kejahatan teknologi informasi di dunia maya atau cyber crime.

Menanggapi hal tersebut, maka tidak salah bila unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) atau MNC Financial Services, yaitu PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank terus melakukan pemutakhiran aplikasi Motion secara berkala untuk menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi.

MNC Bank, yang berada di bawah naungan MNC Group, menyarankan selalu update aplikasi Motion sebagai salah satu tips untuk aman bertransaksi di era Digital Banking. Digital Banking Group Head MNC Bank Parman Suparman menyebutkan ada 3 cara mendasar untuk menjaga keamanan bertransaksi perbankan di era digital banking:

- Selalu update aplikasi perbankan seperti Motion dengan versi terbaru hanya dari appstore maupun playstore untuk mencegah ter-install aplikasi palsu.

- Waspada ancaman social engineering dengan tidak pernah memberikan data atau informasi terkait rekening pribadi kepada siapapun juga.

- Selalu melakukan pengkinian data melalui cabang ataupun MNC Bank Call Center bila ada perubahan mulai dari perubahan tempat kerja hingga terpenting adalah perubahan nomor telepon selular.

Dari ketiga tips tersebut, IT Group Head MNC Bank Paulusman Wibowo mengatakan bahwa ancaman social engineering seringkali tidak disadari oleh nasabah.


Aktifnya penggunaan sosial media membuat banyak data personal yang tanpa disengaja tampil pada lini masa dari akun media sosial, sehingga memudahkan oknum tidak bertanggung-jawab untuk memiliki informasi layaknya petugas resmi.

Oleh karenanya, nasabah sebaiknya tidak pernah memberi data pribadi seperti PIN atau password, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor telepon selular, tiga angka di belakang kartu kredit, dan data keuangan lainnya meski diminta oleh oknum yang mengaku pegawai bank.

Bagi nasabah simpanan dan/atau Kartu Kredit MNC Bank, segera update aplikasi Motion hanya di appstore atau playstore sekarang juga untuk transaksi aman dan nyaman, dimana saja kapan saja!. Info lebih lanjut mengenai produk dan layanan MNC Bank segera kunjungi situs web mncbank.co.id atau hubungi MNC Bank Call Center 1500188.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)