Perry Warjiyo Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2020 Capai 2,3%

Jum'at, 17 April 2020 - 16:38 WIB
loading...
Perry Warjiyo Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2020 Capai 2,3%
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bencana wabah corona telah mengguncang perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Meski demikian, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini masih akan terjaga, dan tidak akan bergerak minus.

Perry mengkalkulasi perekonomian Indonesia tahun 2020 akan tumbuh 2,3%. Proyeksi ini berdasarkan pembahasan matang yang dilakukan bersama antara Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), terdiri atas Kementerian Keuangan, BI, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan.

"Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, kita menyimpulkan kondisi saat ini mengarah pada skenario ekonomi berat. Tetapi bukan skenario sangat berat sehingga pertumbuhan ekonomi 2,3%, tidak minus 0,4%," terang Perry dalam press briefing virtual, Jumat (17/4/2020).

Menurutnya, pemerintah bersama BI akan terus mendorong kebijakan stimulus fiskal dan quantitative easing supaya lebih cepat menjaga pertumbuhan ekonomi agak tidak turun lebih curam.

"BI dan pemerintah akan terus memonitor kondisi saat ini dan akan melakukan asesmen kembali. Melihat dinamika ini, kami akan bertemu dan melakukan asesmen kembali," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal I tahun 2020 akan mengalami penurunan. Namun proyeksinya masih cukup bagus yakni mencapai 4,5%. Proyeksi tersebut diakibatkan adanya pemulihan di tahun lalu serta konsumsi investasi ekspor yang masih bagus.

"Jadi Januari hingga Maret ada momentum pemulihan dari tahun 2019, sehingga kuartal I kita proyeksi (tumbuh) 4,5% dan 4,6%. Masih tinggi akibat konsumsi investasi ekspor yang menunjukkan ada kegiatan positif di Januari," katanya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)