Erick Thohir: Vaksin Merah Putih Produksi Tahun Depan

Senin, 08 Februari 2021 - 12:34 WIB
loading...
Erick Thohir: Vaksin Merah Putih Produksi Tahun Depan
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan vaksin merah putih buatan dalam negeri akan selesai kuartal IV 2022. Adapun saat ini proses pembuatan vaksin terus dijalankan.

Pihaknya menargetkan uji klinis vaksin merah putih akan dilakukan di kuartal I 2022. Sementara pada kuartal III 2022 akan dilanjutkan uji klinis tahap terakhir. Dengan begitu, pada akhir semester II 2022 ditargetkan vaksin merah putih sudah diproduksi oleh Holding BUMN Farmasi, PT Bio Farma (Persero).

"Sehingga nanti vaksin sudah benar-benar kami terima di Bio Farma, di kuartal 1 tahun 2022, kita melakukan uji klinis, semoga saja nanti uji klinis yang terakhir di kuartal III tahun 2022, dan di kuartal IV 2022 kita sudah mempunyai vaksin merah putih sendiri," kata dia, Senin (8/2/2021).



Menurut dia terkait vaskin tersebut merupkan fokus yang harus dijalankan saat ini selain mengurus perusahaan plat merah. Pihaknya terus mendukung pengadaan vaksin Covid-19 dan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi. Kementerian BUMN bersinergi Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek), serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memfinalisasikan penelitian hingga produksi vaksin Merah Putih.



Selain itu, pihaknya juga mendukung kegiatan menerapkan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) mikro dengan dua hal. Pertama adalah Perum Bulog bekerja sama dengan Kapolri dan TNI untuk membantu mendistribusikan beras yang dibutuhkan pada saat PTKM mikro dilaksanakan. Kedua, mendukung pengadaan masker secara gratis. Poin dua ini Kementerian BUMN akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Polri, dan TNI.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)