Pajak Mobil Baru 0% Selama 3 Bulan Jadi Harapan Gaikindo

Senin, 15 Februari 2021 - 17:02 WIB
loading...
Pajak Mobil Baru 0% Selama 3 Bulan Jadi Harapan Gaikindo
Dengan adanya pajak mobil baru 0% ini diharapkan penjualan mobil dapat meningkat kembali dan menjadi harapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) , Jongkie D Sugiarto menilai, bahwa relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah akan berdampak positif bagi industri otomotif tanah air. Dengan adanya pajak mobil baru 0% ini diharapkan penjualan mobil dapat meningkat kembali.

"Biasanya kita jualan itu 85 ribu sampai 90 unit mobil sebulan (sebelum ada pandemi), sekarang hanya tinggal 50 ribu," kata Jongkie D Sugiarto kepada MNC Portal Indonesia, Senin (15/2/2021).


Ia menyampaikan, bahwa ini merupakan langkah yang baik dari pemerintah untuk menolong industri otomotif. Diharapkan dengan adanya relaksasi ini Agen Pemegang Merek bisa menjual mobil sebanyak-banyaknya.

"Kita gak mau pabrik mobil dan komponen jangan sampai ada PHK, ini merupakan langkah yang bagus dari pemerintah dikasih waktu 3 bulan supaya pabrik mobil bikin mobil sebanyak banyaknya dan jual sebanyaknya," jelasnya

Ia menjelaskan, semenjak ada pandemi masyarakat akan berpikir dua kali untuk membeli mobil. Namun adanya diskon PPnBM kendaraan bermotor diharapkan akan ikut mengakselerasi daya beli masyarakat.

"Yang tadinya berminat tapi tertunda karena pandemi, dengan adanya relaksasi ini bisa menimbulkan lagi minat tersebut," jelasnya.


Meski sudah ada diskon PPNBM, Gaikindo menargetkan penjualan pada 2021 ini mencapai 750 ribu unit. Angka tersebut meningkat dibandingkan penjualan tahun lalu yang hanya mencapai 532 ribu unit.

"Tahun 2020 kita hanya menjual 532 ribu, jauh sekali dengan tahun lalu (2019) yang mencapai 1,03. Namun, sebenarnya tujuan akhirnya dari PPNBM ini adalah supaya pabrik mobil dan komponen bisa bekerja kembali secara total dan tidak ada PHK," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)