LPI Resmi Mulai Bekerja, Sri Mulyani Kasih Modal dan Siapkan Aturan Awal Operasional

Selasa, 16 Februari 2021 - 15:22 WIB
loading...
LPI Resmi Mulai Bekerja, Sri Mulyani Kasih Modal dan Siapkan Aturan Awal Operasional
Lembaga Pengelola Investasi (LPI) telah resmi beroperasi yang mengelola dana sovereign wealth fund (SWF), ditandai dengan pembentukan dewan direksi LPI yang baru saja selesai. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga Pengelola Investasi (LPI) telah resmi beroperasi yang mengelola dana sovereign wealth fund (SWF) , ditandai dengan pembentukan dewan direksi LPI yang baru saja selesai dan diperkenalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya terkait modal awal serta aturan awal dewan pengawas LPI telah disiapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani .

Sambung mantan Direktur Bank Dunia itu menekankan, LPI sudah mulai bekerja. "Dewas (Dewan Pengawas) langsung melakukan tugas pertamanya yaitu melakukan rekrutmen untuk Dewan Direktur atau BOD yang tadi telah kita selesaikan dan kita kenalkan juga," ujar Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (16/2/2021).



Dia menjelaskan, dewan direksi ini terdiri dari direktur utama, wakil direktur utama, CFO atau direktur keuangan, CRO atau direktur penanganan risiko, dan direktur investasi. "Kelimanya telah dikenalkan presiden kepada pers. Beliau mengharapakan LPI ini bisa bekerja dengan dikelola profesional serta solusi untuk membangun Indonesia," bebernya.

Menkeu menuturkan, Presiden Jokowi mempunyai harapan sangat tinggi, bahwa LPI bisa bekerja sebagai SWF yang dikelola secara profesional dengan tata kelola yang baik dan menjadi salah satu solusi untuk terus membangun Indonesia tanpa ketergantungan terlalu besar kepada APBN dan BUMN.

"Jadi salah satu tambahan dari sisi instrumen maupun vehicle bagi pemerintah untuk bisa terus menjalankan pembangunan dengan tata kelola yang baik dan sustainibilitas," terangnya.

Dia juga menerangkan, proses LPI sudah lengkap baik modal awal serta tata kelola yang sudah ditetapkan. "Peraturan dewan pengawas ini sudah dilengkapi," ungkap Menkeu.

Sri Mulyani mengatakan, dewan pengawas yang terdiri dari dirinya dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ex-officio dan tiga orang dewan pengawas dari kalangan profesional sudah menyiapkan aturan awal bagi jalannya operasional jajaran direksi.

"Sampai hari ini kita memasukkan penyertaan modal pemerintah di dalam rangka menjalankan LPI ini. Dewan Pengawas juga sudah bertemu, kita berlima sudah siapkan aturan awal dewan pengawas bagi LPI untuk bisa berjalan," kata Sri Mulyani.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)