Tingkatkan Layanan, Kiat Pelni Lawan Angkutan Udara

Selasa, 16 Februari 2021 - 23:13 WIB
loading...
Tingkatkan Layanan, Kiat Pelni Lawan Angkutan Udara
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelni terus berupaya menigkatkan layanan bagi para pelanggan sehingga mampu bersaing dengan transportasi udara . Adapun kualitas layanan menjadi faktor utama untuk menggaet pelanggan.

"Kami bersaing dengan moda transportasi udara. Pelni tidak sepenuhnya bersaing dengan angkutan penyeberangan, justru kapal Pelni bersaing dengan pesawat yang harganya sudah terjangkau," ujar Kepala Cabang Pelni Kendari Agustinus Prima Wicaksono, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga: Pelni Raih Penghargaan Top 40 PR Persons Award 2020

Untuk menyiasati kondisi tersebut, pria lulusan Universitas Brawijaya Malang menerapkan semboyan bahwa pelanggan adalah raja. Menurut dia pelayanan yang baik, cepat dan memuaskan pelanggan dengan sendirinya akan bertahan menggunakan satu produk. "Percuma kita menjanjikan produk kita nomor satu tapi pelayanan yang diterima pelanggan tidak sesuai harapan," tegas Agustinus.

Guna mempercepat kebutuhan pelanggan seputar informasi rute dan jadwal kapal, Agustinus akan mengarahkan kepada setiap pelanggan datang ke Kantor Cabang Kendari untuk menghubungi layanan contact center Pelni162. "Pelanggan cukup duduk manis di rumah, dan whatsapp ke contact center Pelni 162, semua informasi tentang jadwal, rute, harga tiket akan dijawab. Semua cepat dan mudah dengan teknologi," paparnya.

Baca Juga: PELNI Lepas Struktur Terumbu Karang Buatan di Laut Banyuwangi

Selain memperhatikan kebutuhan pelanggan, pria asli Surabaya ini juga akan membangun sinergi yang baik dengan pemangku kepentingan di Kota Kendari. Beberapa waktu lalu, Agustinus dan jajaran Pelni Kendari telah melakukan pertemuan dengan Walikota Kendari Sulkarnain Kadir dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra Anton Timbang, Selasa (16/2). Pelni berkomitmen untuk terus membangun sinergi yang lebih baik antara Pemerintah Kota Kendari dan Pelni Cabang Kendari. "Saya percaya sinergi ini akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak," tutur Agustinus.

Agustinus berharap kolaborasi tersebut Pelni dapat membantu menggerakkan dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kendari. Ia juga berharap dengan kerjasama tersebut dapat meningkatkan ekonomi UMKM di Kendari dengan memanfaatkan distribusi dengan kapal Pelni. "Saya rasa harapan ini sangat mungkin diakomodir mengingat Pelni memiliki kapal penumpang yang dapat memuat kontainer maupun general cargo, sekaligus memiliki armada tol laut," ungkap Agustinus.
(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1135 seconds (10.101#12.26)