#SellerAsingBunuhUMKM Jadi Trending, Ada Fenomena Sosok Mr. Hu

loading...
#SellerAsingBunuhUMKM Jadi Trending, Ada Fenomena Sosok Mr. Hu
Baru-baru ini, jagad media sosial Twitter diramaikan dengan tagar #SellerAsingBunuhUMKM yang naik menjadi trending topic. Tagar ini bermula dari percakapan beberapa pengguna Twitter yang membahas penjual asal Shopee yang bernama Mr. Hu. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Baru-baru ini, jagad media sosial Twitter diramaikan dengan tagar #SellerAsingBunuhUMKM yang naik menjadi trending topic. Tagar ini bermula dari percakapan beberapa pengguna Twitter yang membahas penjual asal Shopee yang bernama Mr. Hu.

Baca Juga: Saatnya UMKM Go Digital

Bahkan, mereka mengupload bukti penerimaan paket berisi produk yang dijual Mr. Hu asal China dengan harga yang sangat murah ketimbang produk lokal. Kasus ini pun diangkat oleh dr. Tirta Mandira Hudhi melalui akun twitternya @tirta_hudhi dengan lebih dari 300 ribu followers.

"Kayanya banyak yang belum ngerti ya, jadi kemaren ada fenomena Mr. Hu, seller dari China, yang barangnya nyampe mana-mana. Isinya barang-barang lucu, dan barang kebutuhan hari-hari lah. Harganya sangat murah," kata Tirta dalam cuitan Twitternya pada Rabu (17/2).

Transaksi eceran lintas negara ini, menurut Tirta, dapat membahayakan kelangsungan UMKM. "Bayangin, biasanya kalian beli batik misal Rp100 ribu, via Mr. Hu ini bisa beli batik print dari China Rp35 ribu dapet 2 pieces. Kita pasti pesen karena murah. Begitu liat alamat seller? Yup. Bukan dari negara Indonesia," lanjutnya.

Dia pun me-mention Presiden Joko Widodo (Jokowi) @jokowi dalam cuitannya. Tirta berharap agar Jokowi memberikan perhatiannya terhadap kasus ini. "Pak @jokowi padahal sudah membuat program Bangga Buatan Indonesia. Tapi warga kita emang terbiasa beli barang murah, mau asal darimana, yang penting murah. Salah customer? Yo ora. Secara itu hak customer memilih. Celah ini dimanfaatkan e-commerce dan seller asing," ucapnya.



Baca Juga: Jaga UMKM RI Tetap Hidup, Luhut Minta Cinta Produk Lokal Bukan Cuma Slogan Akhirnya perlahan, kata Tirta, distributor, meninggalkan produsen lokal, beralih ke produsen luar. Hal ini menurutnya berbahaya. "UMKM seharusnya menjadi tonggak kebangkitan ekonomi. Tapi sekarang kita menghadapi pabrik-pabrik China yang jual direct ke end customer via e-commerce," tambahnya.

Tak ayal, kasus ini memicu rasa penasaran warganet untuk menelusuri identitas Mr. Hu. Penelusuran mereka akhirnya mengarah pada satu nama, yakni Hu Jianhua, yang katanya menjabat sebagai posisi President di China Merchants Group Ltd. Sebelumnya, Hu sempat menjabat sebagai Vive Chairman. Selain itu, dia merupakan anggota direksi dari Cina Merchants Port Holding.

Salah satu warganet, yakni Milmul dalam akunnya @gerobakmilmul, menjelaskan bahwa Mr Hu adalah Presdir CMHK, yang memiliki Sinotrans, perusahaan logistik terbesar di Cina. "Isi perusahaannya dosen-Dosen Manajemen Pemasaran dan Sosilolog. Salah satunya master salesnya asuransi di China. Mereka semua itu BUMN nya Cina yang sudah diprogram dari dulu," jelasnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top