PPI Berhasil Ekspor Perdana 5 Ton Pupuk Non-Subsidi Ke Timor Leste

Sabtu, 20 Februari 2021 - 16:49 WIB
loading...
PPI Berhasil Ekspor Perdana 5 Ton Pupuk Non-Subsidi Ke Timor Leste
foto/dok
A A A
KUPANG - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI berhasil melakukan ekspor perdana pupuk non-subsidi ke Timor Leste. Kegiatan ekspor ini merupakan langkah awal bagi PPI untuk melaksanakan rencana kerja sama imbal dagang antara Republik Indonesia dengan Republik Demokrasi Timor Leste. ( Baca juga:Inggris dan Uni Eropa Bercerai, Saatnya Genjot Ekspor Kopi RI, Teh hingga Kakao )

PPI menggandeng PT Petrokimia Gresik dalam melakukan ekspor tahap I ini yang berupa pupuk non-subsidi SP-36 sebanyak 2.000 kg dan NPK Phonska Plus sebanyak 3.000 kg. Ekspor ini sendiri dilakukan langsung oleh PT PPI Cabang Kupang.

“Ekspor perdana ini merupakan jalan pembuka bagi ekspor produk-produk yang lain nantinya. Pupuk non-subsidi, pakan ternak dan pestisida ini menjadi salah satu produk unggulan PPI cabang Kupang. Kami optimistis bisa positif lagi di triwulan I-2021 ini," ujar Regional Manager PPI Cabang Kupang Nandung Tatag S di Kupang, Jumat(19/2/2021).

Secara terpisah, Direktur Komersil PPI Eko Budianto menyampaikan bahwa hasil pertanian dan alat pertanian akan dipenuhi PPI untuk langkah selanjutnya. "Peningkatan ekspor ini jelas membantu meningkatkan peran BUMN bagi program pemulihan ekspor nasional yang menjadi program pemerintah, terutama di tengah kondisi pandemi ini," ungkapnya.

Secara geografis, Timor Leste berbatasan darat langsung dengan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, sehingga memudahkan pihak PPI dalam akses pengiriman barang. Ke depan PPI secara intensif akan terus melakukan penjajakan untuk menangkap peluang dan potensi dalam rangka memenuhi kebutuhan Pemerintah Timor Leste. ( Baca juga:Peringati Tahun Baru Imlek 2021, Ini Harapan Jokowi di Tahun Kerbau Logam )

PPI sebagai anggota kluster pangan dalam lini trading terus melakukan transformasi dengan akselerasi dalam berbagai aspek. Pemenuhan nilai-nilai strategis prioritas BUMN diinternalisasikan dalam strategic alignment program kerja 2021.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2555 seconds (0.1#10.140)