Banjir Bikin Pengusaha Ritel Tekor Ratusan Juta

Sabtu, 20 Februari 2021 - 17:37 WIB
loading...
Banjir Bikin Pengusaha Ritel Tekor Ratusan Juta
Banjir Kemang. Foto/ArifJulianto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengonsolidasikan berapa banyak toko yang tutup akibat banjir . Dia menyebutkan bahwa di daerah mana pun, bencana seperti banjir pasti memberikan dampak kerugian terhadap peritel.

"Karena kita tidak ada yang mau banjir itu datang, tapi penanggulangan banjir menjadi hal yang penting dan signifikan supaya tidak berulang," ujar Roy kepada MNC Portal News di Jakarta, Sabtu(20/2/2021). ( Baca juga:Rumah Wanita Emas di Bangka Jakarta Selatan Terendam Banjir )

Akibat banjir ini, banyak pengusaha ritel yang terpaksa menutup tokonya. Penutupan itu bukan karena tidak mau melayani pelanggan, tetapi karena jalan akses sudah dibanjiri dan air pun masuk ke toko.

"Barusan saya dapat info di Kemang, bahkan di Kemang Raya ada pusat perbelanjaan yang malnya kemasukan air, dan akhirnya anggota kita berusaha menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan dan mengeluarkan airnya," tambah Roy.

Dia mengatakan bahwa estimasi kerugian selama dua hari terakhir terbagi menjadi dua. Pertama kerugian karena toko tutup sehingga tidak terjadi transaksi, dan juga karena ada barang dan produk yang rusak.

"Jumlah pastinya saya belum dapat datanya, tapi bisa dikatakan sampai ratusan juta karena kerugiannya akibat dua hal tadi, masyarakat menunda belanjanya dan ada produk dan barang yang rusak," jelas Roy.

Aprindo berharap ada dirigenisasi penanggulangan banjir. Adanya dirigenisasi ini dinilainya lebih efektif komandonya hanya dari satu dirigen atau pemimpin saja dalam penanggulangan sehingga tidak terjadi multitafsir. ( Baca juga:Wamen Angela Berharap Program Beli Kreatif Danau Toba Dorong Produk UMKM hingga Pasar Global )

"Diperlukan skala prioritas, karena kalau banjir terjadi baru rame-rame mikir, kalau musim kering tidak ada yang mikirin. Kita prihatin saja bahwa musibah banjir ini seharusnya dan sebaiknya ditanggulangi dengan lebih baik dan serius," pungkas Roy.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)