Konsep Green Port Bikin Biaya Pelabuhan Lebih Efisien

Sabtu, 20 Februari 2021 - 22:51 WIB
loading...
Konsep Green Port Bikin Biaya Pelabuhan Lebih Efisien
Ilustrasi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi, menegaskan biaya-biaya pelabuhan di Indonesia harus lebih efisien sesuai dengan komoditi yang ditangani. Pelabuhan juga harus menjadi pintu gerbang perekonomian yang lebih efektif serta memberikan bilai tambah terhadap barang-barang yang dikirim lewat pelabuhan.

"Kalau ada yang menyebut biaya pelabuhan harus murah, saya lebih suka bilang bahwa biaya pelabuhan harus lebih efisien sesuai komoditinya. Sebab, kedepan pemilik barang akan terus menuntut biaya yang lebih efisien dan pelayanan pelabuhan yang lebih baik," ujar Yukki saat menjadi nara sumber dalam Webinar Nasional bertema 'Peran Pelabuhan Sebagai Katalisator Pemulihan Perekonomian Setelah Pandemi Covid 19', yang digelar secara virtual, Sabtu (20/2/2021).

Yukki juga mengingatkan supaya pengembangan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia sudah semestinya mengarah pada green port. "Kita harus sudah masuk pada green port , bukan sekedar urban logistic centre di pelabuhan utuk situasi dan kondisi yang lebih baik lagi," ucapnya.



Chairman Asean Federation of Forwarders Association (AFFA) itu juga mengingatkan bahwa kata kunci pertumbuhan dari sisi kaca mata logistik itu bisa dilihat jika pertumbuhan tersebut penyebaran merata secara ekonomi diseluruh wilayah RI. Sebab, imbuhnya, pertumbuhan atau produk domestik bruto (GDP) berdasarkan pada dua aspek yakni investasi dan konsumsi.

"Kita sering mengalami imbas gejolak krisis global tersebut. Sebut saja pada tahun 2018 dimana krisis ekonomi global akibat perdagangan dan energi yang nyata dilihat dari tekanan suply dan demand-nya," ujarnya.

Kemudian di tahun 2019, RI juga mengalami imbas krisis global akibat perang dagang Amerika dan China. Sedangkan pada 2020 krisis global terjadi akibat Pandemi Covid 19 yang bersumber pada krisis kesehatan dan pada akhirnya menekan perekonomian dunia.

"Situasi dan kondisi ini mengagetkan serta menekan kondisi perekonomian kita. Hal ini karena dunia belum berpengalaman menangani krisis global yang disebabkan masalah kesehatan yang menyebabkan Pandemi tersebut, sehingga harus memberikan kreativitas bagi kita semua supaya bisa tetap bertahan kedepan," paparnya.

Di sisi lain, di masa panademi ini juga memaksa semua melakukan sesuatu yang baru ataupun sesuatu yang sedang berjalan dipercepat termasuk dari sisi digitalisasi maupun big data. "Makanya menghadapi Pandemi ini saya mau mengatakan bukan hanya welcome to the new normal, tetapi juga welcome to the new opportunity," kata dia.



Pada kesempatan itu, Yukki juga mengajak semua pihak untuk menghapuskan ego sektoral guna mewujudkan National Logistik Ekosistem (NLE) sebagai platform besar bersama dalam mengefisiensikan logistik nasional. "Sebab rasanya ego sektoral bukan hanya di pemerintah tetapi juga ada di kita sebagai pelaku usaha, oleh karenanya kita mesti berkolaborasi," tuturnya.

Tak ketinggalan, Yukki juga kembali mengingatkan bahwa pada 2025, RI akan masuk pada Asean Conectivity, dan oleh sebab itu perlu menyiapkan segala sesuatuya. "Kita masih punya waktu menyiapkan segala sesuatunya untuk menuju Asean Conectivity 2025," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)