Menaker Ida Minta Perusahaan Rekrut Lebih Banyak Kaum Difabel

Rabu, 24 Februari 2021 - 13:06 WIB
loading...
Menaker Ida Minta Perusahaan Rekrut Lebih Banyak Kaum Difabel
Menaker Ida Fauziyah meminta perusahaan lebih banyak merekrut kaum difabel. Foto/Dok. SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap agar perusahaan-perusahaan memberikan lebih banyak kesempatan kerja kepada kaum difabel , terlebih di masa pandemi Covid-19.



"Oleh karena itu saya berharap agar semua perusahaan baik swasta, BUMN dan BUMD, terutama para CEO dan pimpinannya, dapat terus memberikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas di masa pandemi ini, sesuai amanat Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," ujar Ida secara virtual di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Dia berpesan agar perusahaan saat ini harus dapat menjadi perusahaan inklusi, yang artinya perusahaan membangun hubungan ketenagakerjaan di dalam perusahaan tanpa diskriminasi. Setiap orang memiliki akses dan kontrol yang sama atas sumber daya, kesempatan dalam pengembangan karir dan manfaat dari setiap kebijakan ketenagakerjaan yang dibuat perusahaan.

"Menjadi perusahaan inklusi juga sejatinya tidak harus mengubah seluruh kebijakan dan fasilitas perusahaan yang memerlukan biaya yang besar. Dengan komitmen yang tinggi, disertai pemahaman akan kesetaraan, maka sejumlah langkah sederhana dapat dilakukan," tambah Ida.



Misalnya menyediakan akses yang memudahkan penyandang disabilitas untuk melakukan aktivitas, tersedianya lahan parkir khusus atau sejumlah panduan sederhana manakala terjadi bencana.

Selama ini, lanjut Ida, yang menjadi permasalahan yang menghambat terciptanya sistem ketenagakerjaan inklusif adalah masih adanya stigma di masyarakat bahwa penyandang disabilitas tidak bisa berkontribusi.

"Padahal pada kenyataannya, kita seringkali dapat menemukan penyandang disabilitas yang justru memiliki etos kerja dan produktivitas yang lebih tinggi," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)