Tiap Tahun Kemendag Targetkan Cetak 1.200 Pelaku UKM Ekspor

loading...
Tiap Tahun Kemendag Targetkan Cetak 1.200 Pelaku UKM Ekspor
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Perdagangan menargetkan setiap tahunnya dapat menciptakan 1.200 pelaku ekspor UKM . Tujuannya agar dapat meningkatkan ekspor non-migas Indonesia. ( Baca juga:Kemendag Bawa Isu Standardisasi Produk Saat Berunding dengan UE )

"Kami menargetkan dapat menciptakan UKM siap ekspor sebanyak 1.200 per tahun. Diharapkan 10 tahun ke depan jumlahnya bisa menjadi 100 ribu UKM ekspor yang akan menjadi bagian dari kontributor peningkatan ekspor non-migas dan juga tentunya kepada ekonomi nasional," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Kasan dalam webinar, Kamis (25/2/2021).

Salah satu cara untuk menciptakan pelaku UKM ekspor adalah dengan menggelar Good Design Indonesia. Ajang tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO).

Kasan menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan desain produk ekspor Indonesia. Sebab, salah satu permasalahan utama UKM Indonesia dalam ekspor adalah masalah desain yang kurang menarik.

"Kami menyadari berdasarkan fakta-fakta yang ada, kelemahan atau keterbatasan UKM adalah salah satunya berkaitan dengan desain produk," ujarnya.



Diharapkan, ajang Good Design tersebut bisa meningkatkan produk ekspor Indonesia terutama yang berasal dari UKM. Jadi nantinya dapat meningkatkan neraca perdagangan nasional. ( Baca juga:Kasus Oknum Polisi Nembak, Korbannya Mulai Istri, Polisi hingga TNI )

"Pada 2021 pemerintah menargetkan ekspor non-migas bisa tumbuh 6,3%. Diharapkan ajang ini bisa menciptakan pelaku ekspor UKM baru," tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top