Sebar Caranya Buka SPBU Mini Resmi dengan Berutang ke BRI, 5.000 Agen Brilink Digandeng

Jum'at, 26 Februari 2021 - 16:15 WIB
loading...
Sebar Caranya Buka SPBU Mini Resmi dengan Berutang ke BRI, 5.000 Agen Brilink Digandeng
Dalam mendorong percepatan pembangunan Pertashop atau SPBU Mini resmi, Pertamina terus mensosialisasikan pola kemitraan Pertashop melalui fasilitas KUR bersama BRI. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam mendorong percepatan pembangunan Pertashop , Pertamina terus mensosialisasikan pola kemitraan Pertashop atau SPBU Mini Resmi dengan berbagai pihak. Pada kesempatan kali ini, Pertamina meneruskan penjajakan pola kemitraan Pertashop melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) .



Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno mengatakan, sosialisasi Pertashop melalui fasilitas KUR ditujukan bagi 5.000 Agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi BUMN untuk mempercepat pemerataan energi berkualitas diseluruh Indonesia.

"BRI adalah salah satu Bank dengan akses dan jaringan terluas di Indonesia, hingga ke pedesaan. Jika sinergi antara Agen Brilink dan Pertamina ini dapat berjalan dengan baik, harapannya adalah kami bisa segera memperluas layanan energi dan memberikan akses energi yang mudah bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).

Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi berskala kecil Pertamina dan salah satu implementasi Program One Village One Outlet (OVOO). Pertashop diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi nasional, dimana energi tidak berhenti hanya di SPBU, tapi hingga ke desa-desa.

Hingga saat ini, sudah beroperasi 1.371 Outlet Pertashop yang tersebar diseluruh Indonesia, dan tahun 2021 Pertamina menargetkan hingga 12.000 outlet. Putut berharap pola kemitraan Pertashop yang difasilitasi KUR ini bisa mendorong pembangunan Pertashop sekaligus memberdayakan masyarakat daerah dalam pelaksanaannya.

"Dengan jaringan Agen Brilink dan fasilitas KUR yang ditawarkan, harapannya jumlah Pertashop yang beroperasi dapat terus meningkat. Selain pemerataan energi, kehadiran Pertashop juga diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut, karenanya sinergi seperti ini sangatlah dibutuhkan," jelasnya.

Adapun tiga tipe Pertashop yang ditawarkan, yaitu Gold (210m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter), Platinum (300m² kapasitas tangki 10 KL), dan Diamond (500m² kapasitas tangki 10 KL). Perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, minimarket, kafe/restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

Syaratnya pun mudah hanya terdiri dari dua (2) kriteria, Kriteria Administrasi Persyaratan dan Kriteria Lokasi. Jika kriteria ini sudah terpenuhi, seluruh operasional Pertashop juga akan dipastikan sudah sesuai dengan standar keselamatan serta standar kualitas produknya akan terjamin serta disuplai langsung dari terminal BBM terdekat.



Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto mengatakan, BRI melihat potensi dan memberikan kesempatan kepada Agen Brilink dan nasabah BRI lainnya untuk dapat mengembangkan usahanya dalam bidang penyediaan energi berkualitas melalui Kemitraan Pertashop.

"BRI akan memberikan fasilitas KUR kepada calon mitra Pertashop, Agen Brilink, dan nasabah lainnya. Ini merupakan komitmen BRI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, dan dengan dukungan dari BRI ini, harapannya layanan penyediaan energi bagi masyarakat bisa menjangkau hingga pelosok negeri," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)