Spektakuler, Pelatihan Pemandu Golf dan Selam Ada di BLK Belitung

Sabtu, 27 Februari 2021 - 00:55 WIB
loading...
Spektakuler, Pelatihan Pemandu Golf dan Selam Ada di BLK Belitung
Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung membuat gebrakan spektakuler dengan membuka program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), berupa pelatihan kedi (caddy) atau pemandu golf dan pemandu selam. Foto/Dok
A A A
BELITUNG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyambut positif sekaligus memuji langkah Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung yang membuat gebrakan spektakuler dengan membuka program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), berupa pelatihan kedi (caddy) atau pemandu golf dan pemandu selam.



Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi memberikan, apresiasi kepada Kepala BLK Belitung Rahmad Faisal yang telah membuka program pelatihan kedi dan pemandu selam di BLK Belitung. Menurut Anwar, adanya dua program tersebut tak lepas dari keberhasilan BLK Belitung menggandeng Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah (FKLPID).

"Saya sangat senang sekali kalau kita mengandalkan sumber daya alam, meskipun ada batasnya. Saya juga memberikan apresiasi Pak Rahmat sudah menggandeng FKLPI dan pelatihannya luar biasa. Pelatihan para kedi ini merupakan satu-satunya yang ada di Belitung," kata Anwar saat membuka program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I kejuruan Processing dan Pariwisata di BLK Belitung, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Anwar menambahkan, Belitung dapat menjadi salah satu kawasan strategis bagi pengembangan SDM terampil. SDM ini dapat mengisi ruang ketenagakerjaan, terutama di kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, serta umumnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tuhan memberikan rahmat luar biasa kepada Belitung, termasuk Pulau Bangka yang memiliki alam luar biasa, tapi sumberdaya manusianya masih biasa saja dan memiliki angka kemiskinan tinggi. Ini harus kita respon, sangat tepat kita meresponnya ketika sumberdaya alam ada, jangan dieksploitasi dulu, kita siapkan dari kapasitas SDM-nya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan (Intala) Kemnaker, Fauziyah mengatakan, bahwa pada 2021, BLK Belitung akan melatih sebanyak 496 orang pencaker atau sebanyak 31 paket pelatihan yang terdiri atas PBK non boarding sebanyak 20 paket, PBK Boarding 2 Paket, dan pelatihan dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sebanyak 9 paket.

Fauziah menegaskan, hal menarik di tahun 2021 adalah di tahap PBK Tahap II, BLK Belitung akan melatih program pelatihan kedi atau Pramugolf sesuai permintaan dari club golf Black Rocks Belitung. Menurutnya, BLK Belitung satu-satunya BLK yang melakukan pelatihan Pramugolf. Selain Pramugolf, ada satu program lainnya, pelatihan Pemandu Selam.

"BLK Belitung juga akan menjadi satu-satunya BLK yang melaksanakan dua pelatihan ini. Pelatihan pemandu selam ini sendiri sesuai permintaan Bupati Belitung di tahun pertama BLK Belitung beroperasi," kata Fauziah.


Pada PBK Tahap I ini, BLK Belitung akan membuka lima program pelatihan yakni barista, tour guide, asisten administrasi perkantoran, front office receptionist, dan pemandu selam. Di antara program yang dibuka, ada dua program yang belum memenuhi kuota peserta yakni pemandu selam dan front office receptionist.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)