ACCI Gandeng Anak Usaha Telkom Kenalkan Cloud Computing

loading...
ACCI Gandeng Anak Usaha Telkom Kenalkan Cloud Computing
Anak usaha Telkom memperluas cakupan bisnis dengan menggandeng asosiasi cloud computing. Foto/Ist.
JAKARTA - Asosiasi Cloud Computing Indonesia menggandeng anak usaha PT Telkom, Tbk. (TLKM) yakni Telkomtelstra melakukan edukasi Cloud Computing dengan konten Container as a Service (Docker, Kubernetes, AKS Engine). ''Pembelajaran mengenai container, platform Docker, Kubernetes dan AKS (Azure Kubernetes Service) Engine mulai dari level dasar. Sehingga kelas ini sangat cocok buat pengguna yang ingin menguasai Docker, Kubernetes dan AKS Engine meskipun mereka belum paham sama sekali,''ujar Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) di Jakarta Kamis (4/3/2021).

(Baca Juga : Digitalisasi Perbankan, Ini Bocoran Strategi MNC Bank (BABP) menjadi Digital Bank! )

Container as a Service (CaaS) sendiri adalah model layanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, mengatur, memulai, menghentikan, dan mengelola aplikasi dalam bentuk container. Startup unicorn Indonesia seperti Gojek , Traveloka pun menggunakan CaaS dalam mendukung layanan digitalnya karena adanya tuntutan bisnis dan pelanggan. Sehingga dalam fase pengembangan, staging sampai production harus berjalan dengan cepat.

(Baca Juga : Disulap Jadi Bank Digital, Saham MNC Bank (BABP) Auto Reject 2 Hari Beruntun )

Senior Technical Specialist Cloud & CollaborationTelkomtelstra Imam Adiwibowo mengungkapkan, CaaS merupakan solusi yang memudahkan pengembang untuk merancang web dan aplikasi. Dengan layanan CaaS, aplikasi akan tetap stabil bahkan saat trafik melonjak. Selain itu, pengembang bisa lebih fokus pada pembuatan fitur baru, pembaruan dan perbaikan aplikasi. ''Sedangkan Docker, yaitu sebuah platform perangkat lunak yang memungkinkan untuk membuat, menguji, dan menerapkan aplikasi menggunakan container,''ungkapnya.



(Baca Juga : Teken Nota Kesepahaman dengan PT Telkom, BPH Migas Perkuat Digitalisasi )

Menurut Imam, kerjasama Telkomtelstra dengan ACCI ini sekaligus juga untuk memperkenalkan produk yang dimiliki oleh Telkomtelstra. "Salah satu layanan yang disediakan Telkomtelstra adalah Managed Cloud Services, dimana kita menjadi provider untuk Azure Stack yaitu cloud platform berbasis teknologi Azure yang lokasi data centernya ada di Indonesa," kata Imam.
(ton)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top