Begini Jurus Arsjad Rasjid yang Calonkan Diri Jadi Ketum Kadin

Sabtu, 06 Maret 2021 - 14:23 WIB
loading...
Begini Jurus Arsjad Rasjid yang Calonkan Diri Jadi Ketum Kadin
foto/antara
A A A
JAKARTA - Pemilihan Ketua Umum Kadin dalam Musyawarah Nasional (Munas) Kadin pada Mei atau Juni 2021 akan diramaikan oleh Direktur Utama Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid. Lulusan Pepperdine University, Malibu California, Amerika Serikat, ini serius dan mantap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin. Ia bahkan telah menyiapkan jurus baik untuk bertarung maupun nantinya ketika terpilih. ( Baca juga:Pertamina Gas Terus Produksi 'BBM Hijau' )

Arsjad mengaku telah menghubungi anggota Kadin di berbagai daerah, selain menyampaikan keseriusan memimpin Kadin, Arsjad juga menyerap aspirasi yang dikeluhkan oleh mereka. Arsjad juga mendengarkan masukan-masukan dari berbagai asosiasi.

"Kalau ibarat perusahaan, Kadin daerah dan asosiasi adalah pemegang saham. Jadi tugas saya adalah dengerin dulu suara mereka. Daerah yang tahu apa isu lokalnya, asosiasi yang mengerti industrinya. Ini yang harus kita kombinasikan," kata Arsjad dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/3).

Dari mendengar aspirasi anggota Kadin di daerah, rata-rata, kata Arsjad, mereka menyampaikan tengah menghadapi tantangan berat karena pandemi. Menurut Arsjad, setiap daerah punya sektor industri atau usaha penopang berbeda, karena itu solusi yang diambil antara satu daerah dengan daerah lain tidak bisa sama.

Dia menjelaskan, masalah yang dihadapi saat ini berbeda dengan Indonesia di masa krisis 1998. Menurut dia, keadaan saat ini semua sektor usaha, tidak hanya pemain besar tapi juga UMKM ikut jatuh.

"Ini yang harus kita lihat bagaimana bantu-bantu UMKM sebab saya merasa pengusaha itu kan dari yang mikro sampai yang besar dan semua punya diberikan kesempatan," ujarnya.

Untuk membangkitkan semua sektor usaha, Arsjad menyatakan penanganan virusnya harus tuntas dulu. Karena itu, program vaksinasi gotong-royong benar-benar harus dilakukan bersama dan menyeluruh. Arsjad mengaku memiliki tekad kuat untuk menjadi Ketum Kadin agar bisa mengkombinasikan aspirasi semua pihak. Meski begitu, perkara menang atau kalah, diserahkan semua kepada Tuhan.

"Jadi kalau ditanya deklarasi, saya sudah mulai deklarasi dengan hubungi satu per satu. Saya tanyakan, dengarkan dari hati ke hati. Lalu saya sampaikan niat saya jadi calon ketum," terang pengusaha yang saat ini menjabat wakil ketua umum Kadin ini. ( Baca juga:Sanggah Mahfud, Andi Arief: KLB Langgar Hukum, Ada AD/ART yang Diresmikan Negara )

Dalam pemilihan Ketum Kadin, Arsjad berhadapan dengan Anindya Bakrie, Direktur Bakrie Group, anak sulung pengusaha papan atas Aburizal Bakrie. Anindya kabarnya juga sudah melakukan konsolidasi terhadap sejumlah Kadin Daerah.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)