Mengintip Gesitnya Impor Barang Konsumsi di NKRI

Senin, 08 Maret 2021 - 20:34 WIB
loading...
Mengintip Gesitnya Impor Barang Konsumsi di NKRI
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peneliti Center of Industry, Trade, and Investment dari Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus, mengatakan, e-commerce boom di tahun 2015 bisa menjadi salah satu pembanding alasan terlontarnya diksi benci produk asing oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di mana saat e-commerce boom terjadi peningkatan impor barang konsumsi cukup besar.

"Jadi kisaran impor barang konsumsi itu peningkatannya atau pertumbuhan barang jauh lebih besar meski pun memang porsinya masih di bawah 10%, tapi meningkat cukup signifikan dalam waktu beberapa tahun dari 6%, 7% hingga 8% dan sampai sekarang kurang lebih mendekati 10%," katanya saat Konferensi Pers Indef bertajuk Produk Asing: Benci Tapi Rindu, Senin (8/3/2021).



Menurut Ahmad, dengan kondisi tersebut impor bahan baku secara otomatis porsinya akan kalah meskupun terjadi pertumbuhan. Namun demikian pertumbuhannya masih lebih cepat dbandingkan barang konsumsi.

"Membandingkan dua periode ketika terjadi booming e-commerce setelah 2015 barang konsumsi itu peningkatannya sangat-sangat signifikan. Maka di sini saya mengambil kesimpulan bahwa jika kita tidak mempersiapkan daya saing produk lokal, maka yang terjadi adalah digitalisasi di tengah liberalisasi ini bisa menyebabkan deindustrialisasi," ujar dia.



Oleh karena itu, Indonesia diharapkan bisa mempersiapkan daya saing produk lokal dengan baik. Jika hal tersebut terjadi, maka digitalisasi akan memberikan akselerasi yang cukup berharga untuk peningkatan pertumbuhan industri Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3724 seconds (0.1#10.140)