Core Prediksi BI Tahan Suku Bunga

Selasa, 19 Mei 2020 - 09:45 WIB
loading...
Core Prediksi BI Tahan Suku Bunga
Logo Bank Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Center of Reform on Economics (Core) Indonesia memprediksi Bank Indonesia akan menahan suku bunga acuan atau BI 7-day Reverse Repo Rate. Ekonom Core Pieter Abdullah mengatakan BI hanya punya pilihan menahan atau menurunkan suku bunga acuan

"Tidak mungkin BI menaikkan suku bunga ditengah keterpurukan ekonomi sekarang ini. Apalagi suku bunga global sudah Lebih dulu turun hingga mendekati nol. Quantive easing dibanyak negara menyebabkan likuiditas cukup berlimpah di pasar global. Dampaknya sudah terlihat, rupiah terus menguat," kata Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Selasa (19/5/2020).



Dia melanjutkan disisi lain di dalam negeri, dengan pembatasan aktifitas ekonomi akibat wabah, tekanan inflasi juga terus menurun. Artinya tidak ada faktor yang bisa menjadi alasan BI menaikkan suku bunga.

"Saya perkirakan BI akan menahan penurunan suku bunga pada bulan ini. BI baru akan menurunkan suku bunga bulan depan bersamaan dengan pelonggaran aktifitas sosial, berdamai dengan wabah Covid-19," katanya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)